PERANCANGAN GAME ANDROID BRING BACK THE SCROLL MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE)

Nata, Michael Hendra (2024) PERANCANGAN GAME ANDROID BRING BACK THE SCROLL MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (656kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
2018130_Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (636kB)

Abstract

Permainan, juga dikenal sebagai game, adalah permainan yang dimainkan sesuai aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah. Permainan ini dimainkan dengan tujuan menghibur atau tidak serius. Perangkat mobile, seperti perangkat Android, telah menjadi platform yang sangat populer bagi penikmat game. Salah satu jenis atau kategori game yang diminati adalah platformer, yang menuntut pemain untuk menjelajahi lingkungan yang penuh tantangan, melompati rintangan, dan mengatasi musuh. Metode FSM (Finite State Machine) digunakan untuk membuat kecerdasan Musuh atau NPC (Non Player Character) digame Bring Back The Scroll. Metode ini merujuk pada tiga: state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi) yang membuat karakter cerdas NPC yang dapat merespon pemain. Game Bring Back The Scroll merupakan game berbasis Android bergenre petualangan (Adventure) yang dirancang menggunakan Unity Engine. Pada Game Bring Back The Scroll juga Mengimplementasikan metode FSM untuk mengontrol respon NPC terhadap pemain. Setelah melakukan pengujian, kecerdasan buatan menggunakan metode FSM pada NPC berhasil dengan presentase 100 % berjalan dengan Baik. Kemudian fungsi dari fitur game berjalan dengan baik dengan presentase 100%. Dari pegujian perangkat, 90,9 % dapat menjalakan game. Kemudian dari pengujian responden, responden, 70% menyatakan bahwa game tergolong baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Michael Hendra Nata (2018130)
Uncontrolled Keywords: Unity, Game, FSM, Android
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Michael Hendra Nata
Date Deposited: 23 Feb 2024 07:34
Last Modified: 23 Feb 2024 07:34
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item