Nata, Michael Hendra (2024) PERANCANGAN GAME ANDROID BRING BACK THE SCROLL MENGGUNAKAN METODE FSM (FINITE STATE MACHINE). Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Permainan, juga dikenal sebagai game, adalah permainan yang dimainkan sesuai aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah. Permainan ini dimainkan dengan tujuan menghibur atau tidak serius. Perangkat mobile, seperti perangkat Android, telah menjadi platform yang sangat populer bagi penikmat game. Salah satu jenis atau kategori game yang diminati adalah platformer, yang menuntut pemain untuk menjelajahi lingkungan yang penuh tantangan, melompati rintangan, dan mengatasi musuh. Metode FSM (Finite State Machine) digunakan untuk membuat kecerdasan Musuh atau NPC (Non Player Character) digame Bring Back The Scroll. Metode ini merujuk pada tiga: state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi) yang membuat karakter cerdas NPC yang dapat merespon pemain. Game Bring Back The Scroll merupakan game berbasis Android bergenre petualangan (Adventure) yang dirancang menggunakan Unity Engine. Pada Game Bring Back The Scroll juga Mengimplementasikan metode FSM untuk mengontrol respon NPC terhadap pemain. Setelah melakukan pengujian, kecerdasan buatan menggunakan metode FSM pada NPC berhasil dengan presentase 100 % berjalan dengan Baik. Kemudian fungsi dari fitur game berjalan dengan baik dengan presentase 100%. Dari pegujian perangkat, 90,9 % dapat menjalakan game. Kemudian dari pengujian responden, responden, 70% menyatakan bahwa game tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Michael Hendra Nata (2018130) |
Uncontrolled Keywords: | Unity, Game, FSM, Android |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Michael Hendra Nata |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 07:34 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 07:34 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14245 |
Actions (login required)
View Item |