PRATAMA, ANANDA RIZKY (2024) ANALISIS KERUSAKAN JALAN DAN BIAYA PENANGANANNYA (RUAS JALAN PRWOJATI-TRAWAS, KABUPATEN MOJOKERTO). Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
1721123_BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
1721123_BAB I.pdf Download (710kB) |
|
Text
1721123_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
1721123_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text
1721123_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
1721123_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) | Request a copy |
|
Text
1721123_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text
1721123_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Volume kendaraan yang padat dapat berakibat pada kerusakan minim yang akan meluas seiring waktu akibat minim perawatan. Permasalahan umum ini juga terjadi pada Ruas Jalan Purwojati – Trawas dimana terjadi penurunan, lubang, bekas roda, dan retak yang diakibatkan oleh mobiliasi kendaraan besar dari perusahaan tambang dan industry di wilayah sekitar. Maka dari itu, diperlkan penanganan yang efisien dan efeaktif. Secara spesifik, Ruas Jalan Purwojati – Trawas memiliki panjang total 4 km denga lebar rata-rata 5 meter dan termasuk Kelas Jalan III C. Metode analisis yang digunakan yaitu Surface Distress Index (SDI) dan International Rougness Index (IRI) untuk menganalisis tingkat kerusakan dan kerataan yang kemudian divalidasi hubungannya melalui analisis korelasi. Terakhir diencanakan anggaran biaya sesuai dengan jenis penanganannya. Dari hasil analisis metode kerusakan jalan (SDI), Ruas Jalan Purwojati-Trawas pada Sta. 2+100 – 2+500 dan Sta. 2+900 – 3+100 dikategorikan sebagai kondisi sedang dengan penanganan Pemeliharaan Rutin. Sta. 3+700 – 6+100 dikategorikan sebagai kondisi Baik namun dengan jenis penanganan Pemeliharaan Rutin sesuai dengan klasifikasi rentang nilai SDI. Terakhir untuk Sta. 2+500 – 2+900 dan Sta. 3+700 – 6+100 dikategorikan sebagai kondisi jalan Rusak Ringan sehingga diperlukan jenis penanganan Pemeliharaan Berkala. Di sisi lain, melalui metode tingkat ketidakrataan (IRI), Ruas Jalan Purwojati – Trawas Sta. 2+100 – 2+300 dan Sta 3+700 – 6+100 termasuk kondisi Sedang dengan jenis penanganan Pemeliharaan Berkala. Kemudian, untuk Sta. 2+300 – 3+700 dikategorikan sebagai kondisi Rusak Ringan dengan penanganan Peningkatan Jalan. Dengan kondisi dan jenis penanganan yang hampir sama yang diperkuat dengan analisis Korelasi, maka semakin jelas bahwa hubungan dari kedua metode dikategorikan sebagai hubungan yang Sangat Kuat dengan nilai 0,905. Maka dari itu, sebagai penanganan tingkat kerusakan Ruas Jalan Purwojati-Trasa, maka direncanakan anggaran baiya (RAB) sebesar Rp. 1.207.477.000 atau terbilang Satu Milyar Enam Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah. Kata Kunci : Metode SDI, Metode IRI, Korelasi, RAB
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ANANDA RIZKY PRATAMA (1721123) |
Uncontrolled Keywords: | Metode SDI, Metode IRI, Korelasi, RAB |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Library Of Science |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | ANANDA RIZKY PRATAMA |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 03:25 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 03:25 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14264 |
Actions (login required)
View Item |