Evaluasi Kinerja Dermaga Dan Fasilitas Bongkar Muat Barang (Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi)

Usman, Hanif (2024) Evaluasi Kinerja Dermaga Dan Fasilitas Bongkar Muat Barang (Studi Kasus Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan Tanjung Wangi merupakan pelabuhan bongkar muat dibawah naungan PT.Pelindo III. Sebagai pelabuhan yang menjadi salah satu transportasi utama di Banyuwangi, maka kegiatan kelautan ataupun kapal berlabuh dan berlayar semakin menigkat, tentunya sarana dan prasarana sudah harus disiapkan. Namun seiring dengan perkembangannya dan terjadinya waiting time yang terlalu lama pada beberapa kapal yang akan bersandar dan produktivitas pelabuhan Tanjung Wangi sering tidak sampai target karena kapal-kapal yang membawa pupuk mempunyai alat angkut kurang memadai. Pembahasan pada penelitian ini ialah untuk mendapatkan hasil kinerja dari dermaga sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut No. UM.002/38/18/DJPL.2011, indikator dari peraturan tersebut meliputi, waktu tunggu kapal (waiting time), waktu pelayanan pemanduan (approach time), waktu efektif (effective time) di banding (berth time), produktivitas kerja, menerima dan mengirimkan petikemas, tingkat penggunaan dermaga (berth occupancy ratio), tingkat penggunaan gudang (shed occupancy ratio) dan tingkat penggunaan lapangan (yard occupancy ratio) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hasil evaluasi yang diperoleh, waiting time sebesar 44 menit dikategorikan baik, approach time sebesar 60 menit dikategorikan baik, ET:BT sebesar 80,07% dikategorigan baik, tingkat penggunaan lapangan penumpukan (YOR) sebesar 87,04% dikategorikan kurang baik, tingkat penggunaan dermaga (BOR) sebesar 25,03% dikategorikan baik dan fasilitas bongkar muat yaitu pada crane dimana kapasitas tidak sebanding dengan arus bongkar muat barang pada tahun 2022 maka dikategorikan kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanif Usman (1721152)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan, Bongkar Muat, Kinerja
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Hanif usman
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:20
Last Modified: 25 Apr 2024 06:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item