ANALISIS KESTABILAN JARINGAN TITIK KONTROL UNTUK JARING PENGUKURAN GNSS MENGGUNAKAN METODE FREE NETWORK ADJUSMENT (Studi Kasus : Bendungan Manikin, Kabupaten Kupang )

Tjahjadi,, M. Edwin and Sari Sai,, Silvester (2023) ANALISIS KESTABILAN JARINGAN TITIK KONTROL UNTUK JARING PENGUKURAN GNSS MENGGUNAKAN METODE FREE NETWORK ADJUSMENT (Studi Kasus : Bendungan Manikin, Kabupaten Kupang ). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
SKRIPSI DAVE REVISI FINAL PRINT.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan sebuah bendungan tidak terlepas dari banyak pekerjaan yang di lalui, salah satunya yaitu analisis deformasi pada daerah Capping Beam. Dimana daerah ini dilalui oleh beberapa pekerjaan seperti galian terowongan melewati bagian struktur Capping Beam dan adanya pekerjaan jalan di atas struktur Capping Beam. Oleh karena itu, penelitian kali ini memanfaatkan jaring pengukuran non linier untuk proses analisis deformasinya agar mendapatkan pengukuran yang stabil serta menghasilkan dmata yang akurat. Free network adjustment merupakan suatu teknik perataan jaringan terkendala dalam pembentukan suatu kerangka referensi dengan ciri-ciri matriks persamaan normal tunggal adalah bias atau terkendala. Bentuk minimum dari Free network adjustment solusi minimum adalah solusi jarak semu. Dan minimum constrain ialah kondisi aljabar yang melibatkan beberapa stasiun dalam jaring yang memiliki tujuan untuk mendefinisikan, komponen fundamental (asal, orientasi, skala) dari sistem koordinat untuk penyesuaian jaringan tanpa mengganggu elemen-elemen yang dapat diestimasi dari pengamatan. Berdasarkan hasil perhitungan minimum constrain dalam free network adjustment didapat hasi; perhitungan dari iterasi 1 dan 2 ketidakstabilan dipengaruhi oleh 2 titik yaitu TP 3 dan TP 6 karena mengandung kesalahan yang signifikan dari iterasi 1 kesalahan pada 2 titik terjadi karena gangguan geometri internal yaitu komponen pengantar dan jarak semu yang dapat menyebabkan ketidakstabilan pada kerangka pengukuran dan dapat menggangu datum pengukuran. Kata Kunci: GNSS(Global Navigation Satellite System), minimum constrain, free network adjustment

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GNSS(Global Navigation Satellite System), minimum constrain, free network adjustment
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Jazzandos Muli Saka Dave Gundisal
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:48
Last Modified: 08 Jul 2024 06:48
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14610

Actions (login required)

View Item View Item