Penerapan Metode Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Baso Aci (Studi Kasus Pada Baso Aci Nyengir)

Maulana, Naufal Adham (2024) Penerapan Metode Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Baso Aci (Studi Kasus Pada Baso Aci Nyengir). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2013027_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2013027_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (209kB)
[img] Text
2013027_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
2013027_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
2013027_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
2013027_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
2013027_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
2013027_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Naufal Adham Maulana, Program Studi Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang, Penerapan Metode Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Baso Aci (Studi Kasus Pada Baso Aci Nyengir). Dosen Pembimbing: Dra. Sri Indriani, MM dan Ir. Kiswandono, MM. Salah satu usaha kuliner Baso Aci yang berada di Kota Malang adalah Baso Aci Nyengir yang berdiri sejak tahun 2020. Dalam memulai usaha ini, Baso Aci Nyengir dihadapkan dengan banyak rintangan dan hambatan dalam persaingan harga, kualitas, kurangnya sumber daya, dan keterbatasan aset dengan kompetiror lain yang juga berjualan Baso Aci di wilayah Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan problem pada penjualan produk di Baso Aci Nyengir yaitu mengalami kenaikan dan penurunan. Penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT untuk menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari Baso Aci Nyengir dan menyusun Strategi Pemasaran dalam meningkatkan penjualan Baso Aci Nyengir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Baso Aci Nyengir mendukung strategi agresif dengan posisi di Kuadran I (Strengths-Opportunities) dalam matriks SWOT, menunjukkan kondisi yang sangat baik untuk memanfaatkan kekuatan internal guna meraih peluang eksternal. Untuk mencapai hal ini, perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, memperluas pemasaran dan promosi di semua platform media sosial, serta meningkatkan pelayanan pelanggan untuk mempertahankan pelanggan tetap dan menarik yang baru. Selain itu, pengembangan produk baru, ekspansi pasar, kolaborasi strategis, serta pemanfaatan teknologi dan data juga penting dilakukan. Dengan langkah-langkah ini, Baso Aci Nyengir dapat memanfaatkan kekuatan internalnya untuk meraih peluang pasar, dan meningkatkan pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Naufal Adham Maulana (2013027)
Uncontrolled Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Naufal Adham Maulana
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:52
Last Modified: 23 Aug 2024 06:52
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item