Putri, Aurellia Nabila (2024) Integrated Autism Child Care di Kota Surabaya. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Gangguan autisme dapat ditemukan diberbagai kalangan dari kalangan bawah, menengah, maupun atas. Menurut Kementerian Kesehatan RI pada periode 2020-2021 dilaporkan sebanyak 5.530 kasus gangguan autisme pada anak (RI, 2022). Jumlah tersebut terus bertambah sejalan dengan majunya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia. Seringkali penderita autisme dipandang rendah dan mendapatkan ketidaksetaraan dalam mendapatkan hak mereka. Untuk saat ini sistem pendidikan di sekolah luar biasa sudah digabungkan dengan kegiatan terapi tetapi belum memperhatikan kondisi psikologis yang dimiliki oleh para penyandang autisme. Seperti halnya keterbatasan arsitektural di lingkungannya yang dapat mengganggu kondisi psikologis penderita autisme. Rata-rata sekolah dan tempat terapi untuk penanganan autisme ini kurang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh para peyandang karena bangunannya hanya berupa rumah tinggal dengan fasilitas yang kurang memadai. Perancangan Integrated Autism Child Care ini akan memperhatikan kondisi dan perilaku penderita autisme karena keadaan lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap sensitivitas penyandang autisme. Pendekatan arsitektur yang digunakan dalam Perancangan Integrated Autism Child Care ini ialah pendekatan Arsitektur Perilaku yang fokus pada kebutuhan sensorik individu autisme. Digunakan metode desain force-based framework sebagai arahan dalam melakukan rancangan dan menciptakan desain yang sesuai dengan tujuan perancangan. Berbagai aspek arsitektur akan dirancangan sesuai dengan perilaku dan kebutuhan penyandang autisme dengan penyesuaian desain yang ramah dan aman sesuai dengan perilakunya. Rancangan Integrated Autism Child Care ini akan terintegrasi dengan fasilitas daycare, pendidikan, terapi, taman sensori, parental education, dan integrated community. Dengan demikian perancangan ini diharapkan mampu memberikan lingkungan yang aman dan melatih kepekaan sensoris individu autistik. Penyandang autis juga dapat menggali potensi dan mengembangkan bakat yang ada dalam diri mereka. Dengan begitu para peyandang autisme dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Aurellia Nabila Putri (2022063) |
Uncontrolled Keywords: | Autism Child Care, Arsitektur Perilaku, Sensory Design |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Aurellia Nabila Putri |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:07 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14835 |
Actions (login required)
View Item |