AMANDA, BELLA (2025) UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN MELALUI PENGOPTIMALAN MARKETPLCE DENGAN METODE SAW DAN AHP DI TOKO KOPI ATMA. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Perubahan signifikan dalam pola konsumsi masyarakat dan berkembangnya teknologi digital telah menjadikan marketplace sebagai salah satu saluran distribusi utama dalam dunia bisnis modern. Berdasarkan analisis kondisi pendapatan dalam enam bulan terakhir yang belum konsisten mencapai target, maka penelitian ini dilakukan untuk merumuskan strategi pemilihan marketplace terbaik yang dapat dioptimalkan dalam menunjang peningkatan penjualan secara digital. Penelitian ini menggunakan dua metode pengambilan keputusan multikriteria, yaitu Simple Additive Weighting (SAW) dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Sebanyak 34 responden, terdiri dari konsumen dan calon konsumen Toko Kopi Atma, dilibatkan melalui kuesioner berbasis skala Likert untuk mengevaluasi tiga alternatif marketplace populer di Indonesia: ShopeeFood, GoFood, dan GrabFood. Enam kriteria penilaian utama digunakan: harga, keamanan transaksi, kecepatan pengiriman, kemudahan penggunaan aplikasi, promosi, dan pilihan pembayaran. Hasil perhitungan menggunakan metode SAW menunjukkan bahwa ShopeeFood memperoleh skor tertinggi yaitu 0,971, diikuti oleh Gojek (GoFood) dengan 0,915, dan GrabFood dengan skor 0,892. Perhitungan didasarkan pada normalisasi rata-rata penilaian responden dan bobot kriteria yang telah ditentukan sebelumnya (harga sebagai prioritas tertinggi dengan bobot 0,20, disusul dan kecepatan pengiriman masing-masing 0,175). Sementara itu, hasil analisis menggunakan metode AHP menghasilkan struktur hierarki yang mengkonfirmasi hasil SAW. Melalui perbandingan berpasangan antar kriteria dan alternatif menggunakan Expert Choice, ShopeeFood kembali menempati posisi pertama dengan bobot prioritas akhir 38,9%, diikuti oleh GoFood 33,6%, dan GrabFood 27,5%. Konsistensi rasio (CR) dalam proses pembobotan AHP menunjukkan nilai < 0,1, yang menandakan bahwa hasil perbandingan valid dan konsisten.Berdasarkan kedua metode tersebut, dapat disimpulkan bahwa ShopeeFood adalah marketplace yang paling optimal untuk diadopsi Toko Kopi Atma dalam strategi digitalisasi penjualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | BELLA AMANDA (2113053) |
Uncontrolled Keywords: | Marketplace, Toko Kopi Atma, SAW, AHP, ShopeeFood, Strategi Digital, UMKM |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
Depositing User: | Bella Amanda |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 06:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 06:23 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |