STUDI PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN WAISALA – TALAGA KAMBELU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT PROVINSI MALUKU

Huat, K. Ahmad (2025) STUDI PERENCANAAN PERKERASAN LENTUR DAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN WAISALA – TALAGA KAMBELU KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT PROVINSI MALUKU. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2321903_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2321903_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (421kB)
[img] Text
2321903_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2321903_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
2321903_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2321903_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
2321903_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (212kB)
[img] Text
2321903_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Trans Maluku di Pulau Seram merupakan jalur utama penghubung tiga kabupaten, namun hingga kini belum sepenuhnya terintegrasi sehingga masih terdapat wilayah terisolasi akibat keterbatasan prasarana jalan raya. Salah satunya ruas Waisala – Talaga Kambelu di Kabupaten Seram Bagian Barat pada STA 39+250 – STA 44+350 yang masih berupa sirtu dan belum diperkeras. Untuk itu dilakukan studi perbandingan perkerasan lentur dan kaku pada segmen 5,1 km dari total 46 km menggunakan Metode Bina Marga 2024. Perencanaan mencakup analisis struktur perkerasan, rencana anggaran biaya (RAB) berdasarkan Analisa Harga Satuan Bina Marga Maluku 2024, serta estimasi biaya pemeliharaan rutin dan berkala dengan memperhitungkan inflasi dan BI Rate selama umur rencana 20 tahun. Hasil perencanaan menunjukkan perkerasan lentur memerlukan total tebal 46,5 cm (HRS-WC 3 cm, HRS-Base 3,5 cm, LFA A 25 cm, LFA B 15 cm), sedangkan perkerasan kaku hanya membutuhkan slab beton 15 cm, lapis beton kurus 10 cm, dan LFA A 15 cm. Estimasi biaya perkerasan lentur termasuk overlay dan perawatan rutin sebesar Rp 30,11 miliar, sedangkan perkerasan kaku dengan perawatan rutin sebesar Rp 20,78 miliar. Dengan demikian, perkerasan kaku lebih ekonomis karena membutuhkan biaya lebih rendah serta memiliki umur rencana lebih panjang dengan kebutuhan biaya pemeliharaan yang relatif kecil dibandingkan perkerasan lentur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad K. Huat (2321903)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku, Rancangan Anggaran Biaya
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: AHMAD K. HUAT
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:00
Last Modified: 04 Sep 2025 06:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14955

Actions (login required)

View Item View Item