PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS TERHADAP KARAKTERISTIK ASPAL PORUS DENGAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR

Julianto, Gunawan (2025) PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS TERHADAP KARAKTERISTIK ASPAL PORUS DENGAN LIMBAH BETON SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2121063_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)
[img] Text
2121063_BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2121063_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
2121063_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2121063_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (21MB) | Request a copy
[img] Text
2121063_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
2121063_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (586kB)
[img] Text
2121063_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan lateks terhadap karakteristik aspal porus dengan limbah beton sebagai pengganti agregat kasar. Aspal porus merupakan salah satu jenis perkerasan jalan yang memiliki nilai porositas tinggi untuk meningkatkan daya serap air dan mengurangi genangan pada permukaan jalan. Limbah beton digunakan sebagai agregat kasar alternatif untuk mengurangi penggunaan agregat alami, sementara lateks digunakan sebagai bahan tambahan guna meningkatkan sifat elastisitas dan daya ikat aspal. Metode penelitian ini dilakukan dengan pengujian karakteristik Marshall, seperti stabilitas, flow, VIM (Void in Mix), VMA (Void in Mineral Aggregate), VFA (Void Filled with Asphalt), dan Marshall Quotient. Variasi lateks yang digunakan yaitu 0%, 3%, 3,5%, 4%, dan 4,5%, serta limbah beton digunakan sebesar 100% sebagai pengganti agregat kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah beton masih layak digunakan sebagai agregat kasar dengan tetap memperhatikan mutu dan ukuran agregat. Penambahan lateks menunjukkan adanya peningkatan terhadap beberapa parameter Marshall terutama pada kadar 4% yang memberikan hasil optimum. Dari hasil pengujian, nilai stabilitas meningkat seiring bertambahnya kadar lateks, namun pada nilai flow terjadi penurunan di kadar lateks tertinggi. Nilai VIM tidak memenuhi spesifikasi 18–25% namun tetap menunjukkan tren positif pada variasi lateks. Penggunaan lateks 4% dianggap sebagai kadar optimum dalam meningkatkan karakteristik campuran aspal porus berbasis limbah beton. Penelitian ini mendukung pemanfaatan material limbah dan sumber daya terbarukan dalam Perkerasan Jalan Ramah Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan Julianto (2121063)
Uncontrolled Keywords: Aspal Porus, Limbah Beton, Lateks, Marshall Test, Agregat Kasar.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Gunawan Julianto
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:03
Last Modified: 08 Sep 2025 06:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14973

Actions (login required)

View Item View Item