NADZIIR SYAMLAN, MUHAMMAD (2024) STUDI KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PERBAIKAN JALAN RUAS – KB CENGKEH – SP TIGA AIR BESAR – KOTA AMBON MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Kerusakan pada jalan merupakan permasalahan lalu lintas yang sering terjadi. Kerusakan jalan sendiri memiliki potensi menghambat pertumbuhan ekonomi dan sosial budaya, serta waktu tempuh perjalanan yang panjang hingga tingginya angka kecelakaan. Permasalahan serupa terjadi pada Ruas Jalan Kebun Cengkeh – Air Besar di Kota Ambon. Maka dari itu diperlukan penanganan yang efektif dan efisien terhadap permasalahan tersebut. Ruas Jalan Kebun Cengkeh – Air Besar sebagai lokasi studi memiliki jalan dengan panjang total 4,6 km dan lebar 6 meter yang merupakan jalan lokal dengan klasifikasi kelas III. Digunakan dua metode analisis yaitu Surface Distress Index (SDI) untuk tingkat kerusaakan dan International Roughness Index (IRI) untuk tingkar kerataan yang kemudian akan diuji validitas kedua metode melalui analisis korelasi. Terakhir, Rencana Anggaran Biaya (RAB) dianalisis sesuai dengan rekomendasi jenis penanganan masing-masing rentang. Hasil analisis metode kerusakan jalan (SDI) yaitu pada Ruas Jalan Kebun Cengkeh–Air Besar memperoleh 3 kondisi dengan 2 jenis penaganan. Pada Sta 0+000-0+400 termasuk dalam kondisi Rusak Ringan sehingga diperlukan Pemeliharaan Berkala. Kemudian, kondisi Sedang mencakup Sta 0+400-0+600, Sta 1+200-1+400, Sta 2+800-3+200, Sta 3+600-3+800, dan Sta 4+000-4+200, dengan rekomendasi penanganan Pemeliharaan Rutin. Terakhir, untuk kondisi Baik tersebar merata pada Sta 0+600-1+200, Sta 1+400-2+800, Sta 3+200-3+600, Sta 3+800-4+000, dan Sta 4+200-4+600 dengan rekomendasi Pemeliharaan Rutin. Disisi lain, melalui analisis ketidakrataan (IRI) pada Sta 0+000-0+400 termasuk ke dalam kondisi Rusak Ringan sehingga memerlukan Pemeliharaan Berkala. Kemudian, kondisi Sedang pada ruas jalan mencakup Sta 0+400-0+600, Sta 1+200 1+400, Sta 2+800-3+200, Sta 3+600-3+800, dan Sta 4+000-4+200, dimana kondisi ini merekomendasikan jenis penanganan Pemeliharaan Rutin. Terakhir, untuk kondisi Baik tersebar merata pada ruas jalan yaitu pada 0+600-1+200, Sta 1+400 2+800, Sta 3+200-3+600, Sta 3+800-4+000, dan Sta 4+200-4+600 dengan rekomendasi penanganan Pemeliharaan Rutin. Melalui analisis korelasi, kedua metode saling memvalidasi dan termasuk kedalam kategori hubungan Sangat Kuat dengan nilai 0,961. Terakhir, sebagai penanganan kerusakan direncanakan anggaran biaya sebesar Rp. 3.263.952.000.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MUHAMMAD NADZIIR SYAMLAN (1721177) |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode SDI, Metode IRI, Korelasi, RAB. |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Muhammad Nadziir Syamlan |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 04:07 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 04:07 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15094 |
Actions (login required)
View Item |