ELVAN DWI NUR ASYIFA, ELVAN (2025) DESAIN DAN IMPLEMENTASI DC-DC CONVERTER UNTUK SISTEM PENYIMPANAN ENERGI. Skripsi thesis, ITN MALANG.
![]() |
Text
2112055-BAGIAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
![]() |
Text
2112055_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (172kB) |
![]() |
Text
2112055_BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text
2112055_BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (406kB) |
![]() |
Text
2112055_BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (869kB) |
![]() |
Text
2112055_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (178kB) |
![]() |
Text
2112055-DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (219kB) |
Abstract
Transformasi kendaraan konvensional berbahan bakar fosil menjadi kendaraan listrik merupakan langkah strategis dalam mendukung transisi menuju sistem transportasi yang ramah lingkungan. Salah satu tantangan teknis dalam sistem kendaraan listrik hasil konversi adalah kebutuhan akan manajemen energi yang andal, khususnya dalam mengatur distribusi daya antara baterai utama bertegangan tinggi (72V), sumber pengisian eksternal (48V), dan subsistem bertegangan rendah (12V). Penelitian ini berfokus pada perancangan dan simulasi buck-boost converter menggunakan perangkat lunak MATLAB/Simulink. Sistem dirancang untuk beroperasi dalam dua mode utama, yaitu mode buck (penurunan tegangan 72V → 12V) untuk menyuplai beban kelistrikan, serta mode boost (penaikan tegangan 48V → 72V) untuk proses pengisian baterai utama. Kendali PWM digunakan untuk mengatur duty cycle sehingga tegangan keluaran dapat dipertahankan sesuai nilai yang ditentukan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa buck-boost converter mampu menghasilkan tegangan keluaran yang stabil pada kedua mode operasi, dengan bentuk gelombang arus dan tegangan sesuai dengan karakteristik teoritis. Rancangan ini berpotensi menjadi solusi hemat biaya dan sederhana dalam mendukung sistem penyimpanan dan distribusi energi pada kendaraan listrik hasil konversi, khususnya untuk kendaraan roda dua.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | ELVAN DWI NUR ASYIFA (2112055) |
Uncontrolled Keywords: | Konversi kendaraan listrik, buck-boost converter, MATLAB/Simulink, topologi step-up/step-down, manajemen energi. |
Subjects: | Engineering > Electrical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi) |
Depositing User: | ELVAN DWI NUR ASYIFA |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:21 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |