PERENCANAAN SISTEM PENGGERAK MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN MOTOR DC SHUNT

Bayhaqi, Maulana (2024) PERENCANAAN SISTEM PENGGERAK MOBIL LISTRIK MENGGUNAKAN MOTOR DC SHUNT. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL_2012010.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (554kB)

Abstract

Kemajuan teknologi telah memicu perubahan dalam dunia industri otomotif, salah satunya adalah pengembangan mobil berbahan bakar listrik. Sebuah mobil listrik membutuhkan beberapa komponen pendukung, salah satunya adalah motor listrik. Pemilihan motor listrik DC yang akan digunakan dalam mobil listrik sebagai sistem penggerak, haruslah disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh mobil listrik itu sendiri. Tujuan penelitian ini menentukan besarnya kapasitas dan jenis motor listrik yang akan digunakan sebagai penggerak mobil listrik. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan, motor listrik DC Shunt yang digunakan memiliki spesifikasi daya sebesar 350 Watt, arus sebesar 19,2 ampere dan tegangan sebesar 24 Volt serta memiliki rpm sebesar 2750 rpm. Pemilihan motor listrik DC Shunt dikarenakan motor listrik jenis ini memiliki beberapa keunggulan yang mendukung kinerja pada pengaplikasian gokart. Keunggulan motor listrik DC Shunt diantaranya seperti memiliki kestabilan pada kecepatannya, karakteristik torsi yang baik, dan kemudahan dalam pengendalian atau pengontrolan putaran motor, yang sesuai untuk pengaplikasian dalam sistem penggerak gokart. Dalam pengujian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa pada beban minimum 96 kg membutuhkan daya sebesar 293,38 watt sedangkan pada beban maksimum 118 kg, membutuhkan daya hingga 349,75 watt. Untuk memastikan performa mobil listrik, perhitungan torsi dilakukan pada gear transmisi. Perhitungan ini menunjukkan bahwa gear menghasilkan gaya putar sebesar 7,84 N.m, yang cukup untuk menggerakkan mobil listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maulana Bayhaqi (2012010)
Uncontrolled Keywords: Torsi penggerak, DC Shunt, Mobil Listrik, Motor Listrik
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Maulana Bayhaqi
Date Deposited: 02 Oct 2024 05:24
Last Modified: 02 Oct 2024 05:24
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item