Nabella, Arika Risma (2025) RANCANG BANGUN SISTEM TOEFL MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTERING UNTUK IDENTIFIKASI KELEMAHAN PESERTA BERDASRKAN ANALYSIS OF TEST RESULT. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu keterampilan penting dalam berbagai sektor, terutama dalam konteks pendidikan dan profesional. Tes TOEFL digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris, mencakup aspek Reading,Listening, Speaking, dan Writing. Namun, hasil tes TOEFL sering kali hanya berupa skor total tanpa memberikan informasi rinci terkait kelemahan peserta. Untuk itu,penelitian ini menggunakan algoritma K-Means Clustering karena kesederhanaannya, efisiensinya dalam mengelompokkan data multidimensi,dan kemampuannya menghasilkan pengelompokan yang bermakna secara statistik.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kelemahan peserta TOEFL di Laboratorium Bahasa ITN Malang. Data yang digunakan adalah skor dari 520 mahasiswa yang mencakup Reading, Structure and Written Expression,dan Listening. Metode ini mengelompokkan peserta ke dalam tiga klaster utama:Listening Improvers (C1), Grammar Builders (C2), dan Reading Boosters (C3).Proses pengelompokan melibatkan pemilihan centroid awal secara acak,perhitungan jarak menggunakan Euclidean Distance, dan iterasi hingga klaster stabil. Hasil analisis menunjukkan 36.54 % peserta masuk ke C1, 41.35%ke C2, dan 22.12% ke C3. Implementasi algoritma ini memberikan manfaat dalam mendukung pengembangan program pembelajaran yang lebih efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Arika Risma Nabella (2118059) |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kelemahan,K-Means Clustering,TOEFL |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Arika Risma Nabella |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:07 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:07 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15413 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |