Inggun, Galih (2017) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MEMASUKI PASAR GLOBAL (Study kasus CV. Success Makmur Comoditi). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
|
Text
Galih Inggun (1313046).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang pertekstilan yang di karenakan indonesia memiliki Hal ini disebabkan Indonesia memiliki industri pertekstilan yang lengkap dari hulu ke hilir, yakni dari produk serat (fibers), produk benang/pemintalan (spinning), pertenunan (weaving), rajutan (knitting), pakaian jadi (garment), dan produk tekstil lainnya (other textile). Serta setiap perusahaan menginginkan perusahaannya selalu berinovasi dan berkembang dengan memperluas jangkauan pemasarannya. Penulisan skripsi ini bermaksut untuk menentukan faktor serta strategi pemasarannya agar perusahaan bisa memasuki pasar global dengan metode BCG sebagai tolak ukur. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah . Data dan informasi akan diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Pengolahan data secara kualitatif bersifat deskriptif , digunakan untuk mengetahui faktor-faktor internal serta faktor eksternal (peluang dan ancaman) dari perusahaan. Analis kuantitatif di mulai dari input matrik, tahap pencocokan, dilanjutkan dengan tahap pengambilan keputusan yaitu pemilihan prioritas strategi pemasaran. Sedangkan data skunder di peroleh dari data yang telah diolah menjadi data penjualan. Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis BCG, Dari perhitungan matrik BCG untuk pengetahui pangsa pasar relative (relative market share) maka telah diketahui bahwa pangsa pasar relative pada tahun 2015 adalah 1,64 x > 1 dan pada tahun 2016 adalah 1,83 x > 1, dari hasil tersebut menandakan pangsa pasar relative perusahaan mengalamai kenaikan yaitu senilai 0,19. Dengan tingkat pertumbuhan pasar 15%. Sehingga strategi pemasaran yang dapat di gunakan adalah melalakukan spesialisasi Customer Specialist yang dimana berfokus kepada pelanggan menengah yang menjadi target utama, secara umum produk dari perusahaan ini akam menjadi bagian kecil dari produk yang telah lama beredar serta juga melakukan spesialis harga-berkualitas, dengan kualitas yang baik dengan harga yang relative murah. Sehingga pasokan ke toko pasar global lebih banyak, secara tidak langsung produk pakaian CV. Success Makmur Comoditi dapat citra yang baik di mata konsumen
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Galih Inggun (1313046) |
| Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Pasar Global, Serat Fiber, Benang,Garment, BCG |
| Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
| Depositing User: | Handoyo Eka |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 04:30 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 04:30 |
| URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
