ANALISIS BIAYA KERUGIAN BAHAN BAKAR AKIBAT KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA MALANG (Studi Kasus : Jl. Urip sumoharjo - Jl. Ranugrati)

Apryanti, Zilva (2025) ANALISIS BIAYA KERUGIAN BAHAN BAKAR AKIBAT KEMACETAN LALU LINTAS DI KOTA MALANG (Studi Kasus : Jl. Urip sumoharjo - Jl. Ranugrati). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (640kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (670kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis ruas Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Ranugrati di Kota Malang serta pengaruh kemacetan terhadap biaya kerugian bahan bakar kendaraan. Ruas Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Ranugrati memiliki kapasitas ruas jalan sebesar 2580,41 SMP/jam. Kondisi eksisting kinerja ruas jalan menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan pada ruas Jl. Urip Sumoharjo – Jl. Ranugrati sebesar 1,07 dengan kecepatan rata-rata eksisting tertinggi pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 arah Barat - Timur yaitu 29 km/jam dan kecepatan rata-rata terendah 18,25 km/jam dan panjang antrian tertinggi terjadi pukul 16.15-17.15 dengan panjang antrian 97,681 meter dan tundaan 38,462 detik/smp dengan tingkat pelayanan E. Hasil analisis biaya kerugian bahan bakar kendaraan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 arah Barat-Timur pada pukul 16.00 – 17.00 WIB dengan kecepatan 18,25 didapatkan biaya kerugian per satu kendaraan sepeda motor yaitu Rp4.242/jam, kendaraan ringan (MP) sebesar Rp4.489/jam dan kendaraan berat (KS) sebesar Rp7.662/jam, maka didapatkan total biaya kerugian akibat kemacetan per jam sebesar Rp16.393/jam, dengan biaya kerugian total berdasarkan volume kendaraan pada kondisi termacet yaitu sebesar Rp24.424.628/jam dan biaya kerugian rata-rata akibat kemacetan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 arah Barat-Timur yaitu sebesar Rp.13.081.729 dan total biaya kerugian akibat kemacetan yaitu sebesar Rp156.980.746. Hasil analisis uji korelasi kecepatan (V) dan biaya kerugian akibat kemacetan (C), pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 didapat nilai R2 sebesar 0,9713, Senin, 17 Juni 2024 nilai R2 sebesar 0,9594 dan Rabu, 19 Juni 2024 nilai R2 sebesar 0,9827, dengan model persamaan C1=-193,03x V1+7457,8 untuk sepeda motor, model persamaan C2=-204,06x V2+7958,5 untuk kendaraan ringan dan model persamaan C3=-269,47x V3+12045 untuk kendaraan berat. Maka hubungan Kecepatan (V) dan biaya kerugian (C) berdasarkan hasil uji korelasi didapatkan nilai R2 sebesar 0,9 maka kecepatan (V) dan biaya kerugian akibat kemacetan (C) sangat berpengaruh, dimana ketika nilai kecepatan berkurang atau mengecil, maka biaya kerugian yang dialami semakin besar. Begitu pula sebaliknya, ketika nilai kecepatan semakin besar maka biaya kerugian yang ditanggung pengendara juga semakin kecil. Untuk saran solusi alternatif yaitu berupa pelebaran geometrik jalan khususnya ruas Jl. Ranugrati agar nilai derajat kejenuhan < 0,85 dan tingkat pelayanan jalan sekurang kurang nya B dengan kondisi kecepatan sekurang-kurangnya 70 kilometer per jam. Kata Kunci : Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2023, Kecepatan Kendaraan, Pengaruh Kemacetan, Biaya Kerugian Bahan Bakar Kendaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zilva Apryanti (2021031)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2023, Pengaruh Kemacetan, Biaya Kerugian Bahan Bakar Kendaraan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: ZILVA APRYANTI
Date Deposited: 08 May 2025 04:17
Last Modified: 08 May 2025 04:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15656

Actions (login required)

View Item View Item