Andarista, Pratika (2018) MPLEMENTASI NON PLAYER CHARACTER PADA GAME “THE LOST BABY” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
SKRIPSI TIKA REVISI KOMPRE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
IMPLEMENTASI NON PLAYER CHARACTER PADA GAME “THE LOST BABY” MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE Pratika Andarista (1418059) Program Studi Teknik Informatika S-1 Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Nasional Malang Jl. Raya Karanglo Km. 2 Tasikmadu, Malang tikaanda37@gmail.com Dosen Pembimbing : 1. Suryo Adi Wibowo, ST. MT 2. Mira Orisa, ST. MT ABSTRAK Game merupakan salah satu produk dari teknologi informasi yang cukup digemari saat ini, game juga merupakan bentuk aplikasi interaktif yang dapat bersifat menghibur maupun memberi efek tantangan terhadap penggunannya. Game Adventure (Game Petualangan) merupakan permainan yang menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berfikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan peristiwa. Selain sebagai media hiburan, game juga bisa dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah game bertema petualangan “The Lost Baby” dengan beberapa misi dan tujuan utama untuk menemukan ibu dari sang bayi dengan cara melalui mengalahkan bos level. Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan system control yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi) sebagai sebuah metodologi perancangan pergerakan karakter Non Playable Character (NPC). Metode finite state machine dapat diterapkan untuk nilai-nilai batas perpindahan yang pasti dan mudah diterapkan seperti pada Enemy dan Boss pada game Adventure “The Lost Baby”. Hasil yang didapatkan dari penelitian yang telah dilakukan menggunakan kecerdasan buatan FSM yang diterapkan pada Non Playable Character (NPC), diketahui bahwa NPC dapat mendeteksi kebaradaan player dan aksi yang akan dilakukan ketika player terdeteksi. Dari pengujian menggunakan metode FSM yang telah diterapkan pada NPC sesuai perancangan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semua Artificial Intelligence (AI) yang ada dalam game The Lost Baby berjalan sesuai dengan perancangan. Berdasarkan pengujian fungsional, pada game The Lost Baby dapat dimainkan minimal pada Windows 8 dan control player pada game berjalan sesuai perancangan. Berdasarkan pengujian user dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menilai game ini baik. Kata kunci : Game, The Lost Baby, FSM, NPC.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, The Lost Baby, FSM, NPC. |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ms Nunuk Yuli |
Date Deposited: | 27 Feb 2019 02:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2019 02:51 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/2539 |
Actions (login required)
View Item |