Desain dan Perakitan Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”.

Ramadhan, Muhammad Idris (2018) Desain dan Perakitan Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”. Tugas Akhir thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (119kB)
[img] Text
2. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (122kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. BERITA ACARA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
5. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (356kB)
[img] Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (461kB)
[img] Text
8. LEMBAR PERSETUJUAN ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
9. KATA PENGANTAR.pdf

Download (11kB)
[img] Text
10. DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (371kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
17. LEMBAR DOSEN PEMBIMBING.pdf

Download (356kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5kB)
[img] Text
18. LEMBAR ASISTENSI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
19. IDENTITAS MAHASISWA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
20. LAMPIRAN.pdf

Download (714kB)

Abstract

Muhammad Idris Ramadhan. 2018. Desain dan Perakitan Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”. Laporan Tugas Akhir Institut Teknologi Nasional Malang, Fakultas Teknologi Industri, Teknik Mesin Diploma Tiga. Dosen Pembimbing : Aladin Eko Purkuncoro ST, MT Mobil Hemat Energi“ OSCAR” merupakan sebuah kendaraan yang dirancang untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar dan menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Karena bahan bakar sebagai sumber energi yang semakin menipis sementara itu kebutuhan energi semakin meningkat yang menyebabkan energi menjadi permasalahan hampir diseluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Perancangan Mobil Hemat Energi “OSCAR” ini menggunakan mesin Supra X 125 R 4 langkah 125 CC. Untuk perakitan sistem kemudi menggunakan Steering column with long stabilizier untuk meminimalis pergerakan pengemudi pada saat mengoperasikan kemudi dan menciptakan manuver yang baik, Mobil Hemat Energi “OSCAR” memiliki sudut belok mencapai 15,88ᵒ dengan menghasilkan radius putar 5,74 meter dan rem yang digunakan ada 4 cakram, 2 depan dan 2 belakang dengan ketebalan piringan 7 mm dan jari – jari 110. Hasil pengujian rem Mobil Hemat Energi “OSCAR” mampu memperlambat laju dengan waktu 10 m/s dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Tujuan diciptakannya Mobil Hemat Energi “OSCAR” yaitu sebagai prasyarat untuk kelulusan tugas akhir, dan juga diharapkan dapat mengikuti lomba Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). Kata Kunci : Desain Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Desain Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”.Desain Sistem Kemudi dan Rem pada Mobil Hemat Energi “OSCAR”.
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin DIII > Tekniki Mesin DIII(Tugas Akhir)
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2019 04:44
Last Modified: 21 Jan 2019 04:44
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item