Analisis Problematik Industri Jasa Warnet Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL

Nugroho, Alfi and Gustopo, Dayal and Hutabarat, Julianus (2016) Analisis Problematik Industri Jasa Warnet Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri,, 2 (1). ISSN ISSN 2549-3426.

[img] Text
264-49-510-2-10-20171107.pdf

Download (163kB)
[img] Text (Uji turnitin)
Analisis Problematik Industri Jasa Warnet Dengan Menggunakan Metode SERVQUAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peereview)
Analisis problematik Industri Jasa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Warnet (warung internet)adalah sebuah tempat yang menyediakan akses infrastruktur internet dengan berbagai koneksi dan komputer sebagai perangkat akses sehingga pengguna bisa mengakses internet dan memperoleh layanan di bidang teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah mencari faktor kualitas layanan yang ada pada bisnis warnet dan mengetahui dimensi kualitas layanan yang paling berpengaruh pada industri jasa warnet.Metode yang digunakan dalam analisa adalah analisa deskriptif pelayanan, uji T dan analisa regresi. Dengan obyek penelitian warnet di kota Malang. Dari hasil penelitian di ketahui jika Konstruk Servqual Parasuraman, yang awalnya 22 item yang terdiri dari 5 dimensi pembentuknya, pada studi kasus di warnet tereduksi menjadi 9 item, Kesenjangan (Gap) pada jasa internet yang diukur berdasarkan konsep servqual menghasilkan ukuran dari kualitas layanan pada jasa Warnet. Pada penelitian ini kesenjangan yang terjadi pada pada dimensi kualitas layanan secara berurutan dari nilai terbesar hingga ke nilai terkecil adalah Assurance (- 1,1115), Empathy (-1,0732), Responsiveness (-0,7834), Tangible (-0,1847) dan Reliability (0,0191). bermakna kualitas layanan yang di terima konsumen untuk Reliability di kategorikan sangat berkualitas, sedangkan dimensi yang lain memiliki nilai gap lebih kecil dari nol berarti di kategorikan tidak berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas Pelayanan, Persepsi Pelanggan, Ekspektasi Pelanggan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:05
Last Modified: 04 Feb 2020 05:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item