Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya

Herawan, I Gede Asta Wido and Hutabarat, Julianus and Gustopo, Dayal (2017) Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri,, 3 (1). ISSN ISSN 2549-3426.

[img] Text
462-49-905-2-10-20171004.pdf

Download (147kB)
[img] Text (Uji turnitin)
Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya.pdf

Download (1MB)
[img] Text (peerview 19)
Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas X merupakan puskesmas yang cukup mudah untuk dijangkau masyarakat.Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas X kepada pasien belum maksimal karena masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum memenuhi kualitas sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini mengakibatkan terjadi kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi pasien terhadap pelayanan Puskesmas X.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengananalisis mean gapuntuk mengetahuikualitas pelayanan dan analisis regresi untuk mencari dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X.Hasil perhitungan mean gapdidapatkan seluruh nilainya negatif, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan pada seluruh dimensi Servqual yang digunakan. Hasil regresi menunjukkan dimensiyang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X adalah assurance(p = 0,000), kemudian responsiveness(p =0,000),tangible(p =0,001), empathy(p =0,002) dan reliability(p =0,014).Maka dapat disimpulkan terjadi kesenjangan antarapersepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayananPuskesmas X. Sedangkan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalahassurance.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Ekspetasi, Puskesmas X, Servqual
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:15
Last Modified: 06 Feb 2020 02:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item