ANALISIS EVALUASI STABILITAS DAN KEAMANAN SISTEM TENAGA DENGAN BEROPERASINYA PLTU CELUKAN BAWANG PADA SISTEM KELISTRIKAN BALI15-BUSMENGGUNAKAN SHUNT FACTS CONTROLLER

Agustini, Ni Putu and Hayusunan, Lauhil Mahfudz and Wartana, I Made (2017) ANALISIS EVALUASI STABILITAS DAN KEAMANAN SISTEM TENAGA DENGAN BEROPERASINYA PLTU CELUKAN BAWANG PADA SISTEM KELISTRIKAN BALI15-BUSMENGGUNAKAN SHUNT FACTS CONTROLLER. In: Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri 2017, 4 Pebruari 2017, ITN Malang.

[img] Text
876-73-1514-1-10-20170810.pdf

Download (523kB)
[img] Text (Pereview)
Analisis Evaluasi Stabilitas dan Keamanan Sistem Tenaga Dengan B20190820_07150153.pdf

Download (452kB)
[img] Text (Ujipalgiasi)
ANALISIS EVALUASI STABILITAS DAN KEAMANAN SISTEM TENAGA DENGAN BEROPERASINYA PLTU CELUKAN BAWANG PADA SISTEM KELISTRIKAN BALI15-BUSMENGGUNAKAN SHUNT FACTS CONTROLLER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Prosiding)
2. Evaluasi Keamanan dan Stabilitas Sistem Tenaga Akibat (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text (Prosiding)
4. Prosiding SENIATI 2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini diimplementasikanmodel baru meningkatkan kinerja sistem kelistrikanberdasarkan dua jenis stabilitas sistem yakni: indeks stabilitas tegangan dan faktor stabilitas saluran, serta dengan tetap menjaga keamanan sistem berdasarkan pada marjin tegangan bus dan batas thermal saluran transmisipada batas-batas yang diijinkan. Model ini dievaluasi pada sistem uji praktikalakibat terinterkoneksinya pembangkitan baru ke dalam sistem grid dalam upaya mengantisipasi peningkatan pembebanan sistem. Untuk menjamin stabilitas dan keamanan sistem akibat interkoneksi pembangkit baru tersebut, maka dilakukan dengan penempatan optimal salah satu tipe piranti kendali canggih, yaitu Shunt FACTS (Flexible AC Transmission Systems) Controler, yaitu Static VAr Compensator atau yang dikenal dengan SVC. Piranti pengendali yang mampu menginjeksi dan menyerap daya reaktif tersebut dimodelkan dalam Power System Analysis Tool (PSAT) dan selanjutnya digabungkan dalam analisis aliran daya Newton Raphson. Efektifitas metodologi yang dikembangkan ini telah berhasil diuji pada sistem paktikal yaitu sistem kelistrikan Bali 10 kV,15-bus akibat terinterkoneksinya Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara,Celukan Bawang sehingga diperoleh peningkatan profile tegangan sekaligus reduksi rugi daya saluran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISSN 2085-4218
Uncontrolled Keywords: Indeks stabilitas tegangan, faktor stabilitas saluran, FACTS, SVC, keamanan sistem.
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 12 Aug 2019 04:37
Last Modified: 26 Aug 2019 06:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3765

Actions (login required)

View Item View Item