PERENCANAAN KONSTRUKSI DENGAN KOMPOSIT KAPAL CEPAT TAK BERAWAK FUEL ENGINE REMOTE CONTROL

Suryantara, Handika (2019) PERENCANAAN KONSTRUKSI DENGAN KOMPOSIT KAPAL CEPAT TAK BERAWAK FUEL ENGINE REMOTE CONTROL. Diploma thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1. JUDUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (119kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (102kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
9. JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (458kB)

Abstract

Dalam konstruksi kapal cepat tak berawak ini menggunakan bahan body fiberglass, konstruksi ini memiliki sifat yang memenuhi syarat dalam proses pembuatan body kapal seperti kekuatannya tinggi, elastis, dan tahan terhadap korosi Perencanaan konstruksi kapal cepat tak berawak menggunakan metode hand lay up dengan molding atau metode terbuka dari proses fabrikasi komposit. Bahan yang digunakan berupa serat acak dan anyam fiberglass. Resin yang dicampur dengan talk serta diberi penguatnya yaitu katalis 0,5% kemudian di tuangkan kedalam cetakan. Dan dilakukan pengujian kekuatan mekanik (ASTM D 5942-96) dengan perbandingan variasi komposit resin dengan serat: 70% dengan 30%, 50% dengan 50%, 30% dengan 70%. Hasil dari pembuatan body fiberglass dengan cara hand lay up memudahkan proses pembuatan kapal cepat sesuai dengan bentuk desain yang diinginkan dan hasil dari pengujian kekuatan mekanik pada komposit resin dengan serat: 70% dengan 30% E = 47,759 J dan HI= 0,376 J/mm2, 50% dengan 50% E= 48,675J dan HI= 0,383 J/mm2, 30% dengan 70% E= 49,239 dan HI= 0,387 J/mm2. Dari hasil uji diperoleh kekuatan komposit tertinggi adalah 30% resin dan 70% serat dengan nilai E= 49,239 J dan HI= 0,387 J/mm2. Kata kunci: komposit, body fiberglass, hand layup, molding

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Handika Suryantara (1651041)
Uncontrolled Keywords: komposit, body fiberglass, hand layup, molding
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin DIII > Tekniki Mesin DIII(Tugas Akhir)
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2019 03:43
Last Modified: 24 Aug 2019 03:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item