ANALISA AKURASI KINECT XBOX 360 UNTUK PEMODELAN OBJEK 3 DIMENSI

Pragmantya, Sekunda (2019) ANALISA AKURASI KINECT XBOX 360 UNTUK PEMODELAN OBJEK 3 DIMENSI. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Bagian awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_Upload_ITN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (982kB)

Abstract

Pemodelan 3D atau 3 dimensisudahmenjadisuatukegiatan yang dibutuhkanolehbanyakbidangbaikuntukpenelitian, visualisasi, inventarisasi, pemeliharaan, danpemetaan. Salah satualat yang digunakandalammengakuisisi data untukpemodelan 3D adalahTerrestrial Laser Scanning (TLS). Di dalampenelitianinidilakukanpemindaian 3D menggunakan Kinect sebagaialternatifalatpemindaian 3D berbiayamurah yang mengambilkajianstudi di ObjekKendidan Box Tujuanpenelitianiniuntukmendapatkannilairekomendasialatpemindaian yang terbaikdenganefesienpembuatanpemodelanobjek 3D Penelitianinimeliputipersiapan, surveipendahuluan, pengumpulan data denganmelakukanpemindaian 3D menggunakandepth camera padaKinect dankamera DSLR sebagaipembanding, pemindaianobjekdarijarak 1,5 m pengolahandata, analisisdanpengujian data. Dalamhalini yang diujiadalahkarakteristikhasilpoint clouddankualitasgeometrihasil model terhadaphasilsesungguhnya.Karakteristikhasilmeliputiaspeksecara visual (warnadanrona,tekstur, kedetailanobjek), jumlahpoint clouds, dankerapatanpoint clouds. Kualitasgeometridiujidenganmembandingkankeakurasianposisititikretro pengukuranlangsungdenganhasil model pengolahandarikamera DSLR danmembandingkandimensipengukurandengandimensi yang adapada model. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemindaian 3D menggunakanKinect darijarak 1,5 m. Jaraktersebutmenghasilkankualitas model 3D dengan visual yang baik, jumlahdankerapatanpoint clouds yang tidakterlalubanyaktetapikedetailanobjekmasihbisadidapatkandanmemiliki noise padaobjekfraksimilimetertidakmempengaruhibentukobjek. Hasilujiakurasiposisititik yang dapatmencapaihasilujiukuranpanjang yang mencapai RMS = ±2.2 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sekunda Pragmantya (1725925)
Uncontrolled Keywords: Kinect Xbox 360, Kualitas point cloud, Pemodelan 3D, depth camera, Uji akurasi
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Geodesi S1
Date Deposited: 24 Aug 2019 03:47
Last Modified: 27 Aug 2019 02:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3883

Actions (login required)

View Item View Item