Fibriani, Fitri (2019) Pusat Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Malang Dengan Tema Arsitektur Perilaku. Skripsi thesis, ITN Malang.
Text
Laporan Akhir_pages-1-12. daftr isi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
Laporan Akhir_pages-13-15.BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
Laporan Akhir_pages-16-31.BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Laporan Akhir_pages-32-38. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Laporan Akhir_pages-39-48. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Laporan Akhir_49-70.BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
Laporan Akhir_pages-71. Dftr pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
Laporan Akhir_pages-72-73. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal Fitri Fibriani_15.22.045.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (875kB) |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan media pertumbuhan dan pengembangan potensi fisik maupun psikis agar anak mampu mengikuti jenjang pendidikan lebih lanjut. Menurut Jean Pigaet merumuskan bahwa tahap sensori motorik anak usia 0–2 tahun adalah memahami diri dan lingkungannya melalui kesan-kesan sensori dan gerakan-gerakan motoriknya. Sedangkan tahap sensori motorik anak usia 3-6 tahun adalah individu yang mampu membangun pengalamannya sendiri, oleh karena itu proses pendampingan harus berorientasi pada anak, melalui proses eksplorasi, intervensi dan membangun pengalaman anak sendiri melalui aktivitas bebas. Salah satu sarana yang dapat mendukung perkembangan anak diantaranya melalui lembaga Pusat Pendidikan Anak Usia Dini. Karakter anak yang aktif, kreatif, dan tidak suka dibatasi menyebabkan perlunya pemrosesan khusus terhadap mereka dengan melakukan penataan ruang untuk mengakomodasi aktivitas anak tersebut. Optimalisasi fungsi Pusat Pendidikan Anak Usia Dini menggunakan pendekatan arsitektur perilaku dengan harapan agar terbentuk hubungan yang baik antara fungsi ruang dan perilaku pengguna. Gagasan dasar dalam perumusan konsep dan rancangan untuk fasilitas tersebut berasal dari karakter perilaku, di mana anak usia dini berapa pada periode imajinasi dan kreatifitas yang berkembang secara bebas. Penerapan konsep ini dilakukan dengan penataan massa bangunan, bentuk bangunan, sirkulasi, penataan ruang di dalam dan di luar ruang, serta fasade bangunan sesuai dengan karakter anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Fitri Fibriani (1522045) |
Uncontrolled Keywords: | Anak, Pusat Pendidikan, Arsitektur Perilaku |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Mahasiswa Arsitektur S1 |
Date Deposited: | 27 Aug 2019 02:01 |
Last Modified: | 27 Aug 2019 02:01 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3976 |
Actions (login required)
View Item |