Studi Alternatif Perencanaan Abutment Dan Pondasi Bored Pile Pada Jembatan Sambirejo STA 163+144 Tol Solo - Kertosono Fase 1

WILIS, WIDYA LELY (2019) Studi Alternatif Perencanaan Abutment Dan Pondasi Bored Pile Pada Jembatan Sambirejo STA 163+144 Tol Solo - Kertosono Fase 1. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (498kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31MB) | Request a copy
[img] Text
9. JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pembangunan jalan Tol Solo-Kertosono fase 1 seksi Wilangan-Kertosono merupakan bagian tol trans Jawa yang sedang dikerjakan sepanjang 37,39 km. Pada seksi ini rencananya akan dibangun 24 jembatan. Salah satunya adalah Jembatan Sambirejo STA 163+144 dengan panjang bentang 30 m dan lebar 16,2 m yang terletak di Desa Sambirejo, Kabupaten Nganjuk. Sebelumnya jenis pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang dengan D= 60 cm. Berdasarkan hasil drilling log pada kedalaman 6,5 m sudah mencapai tanah keras dengan N-SPT > 50 jenis tanah pasir padat. Pengambilan judul ini bertujuan untuk merencanakan dimensi serta penulangan abutment dan alternatif pondasi bored pile yang mampu menahan beban struktur atasnya. Beban-beban struktur atas jembatan yang bekerja pada abutment mengacu pada SNI-1725-2016 dan SNI-2833-2016. Evaluasi untuk stabilitas abutment serta pondasi diselidiki pada kondisi layan dan kondisi ekstrim (gempa). Metode yang digunakan untuk menghitung daya dukung pondasi bored pile adalah metode Reese and Wright dan untuk perhitungan penurunan menggunakan metode semi-empiris. Dari hasil perhitungan diperoleh dimensi abutment dengan tinggi 8,35 m, lebar 6,4 m, panjang 16,2 m. Tulangan yang digunakan untuk breast wall adalah tulangan pokok D32-110, tulangan susut D19-200 serta tulangan geser D16-400. Sedangkan tulangan pada pile cap adalah tulangan pokok D32-70 dengan tulangan susut D32-280. Pondasi yang digunakan adalah pondasi bored pile D= 80 cm dengan kedalaman 9 m. Daya dukung kelompok pondasi sebesar 16230,713 kN > ΣP = 14409,540 kN. Tulangan yang digunakan untuk pondasi adalah tulangan pokok 12 D25 dengan sengkang spiral D10-100. Hasil penurunan tiang tunggal sebesar 5,840 cm dan penurunan tiang kelompok sebesar 16,517 cm. Dapat disimpulkan bahwa desain abutment dan pondasi bored pile dapat digunakan pada pembangunan Jembatan Sambirejo STA 163+144 Tol Solo-Kertosono Fase 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: widya lely wilis (1721907)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Abutment, Bored Pile
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 09 Sep 2019 04:35
Last Modified: 09 Sep 2019 04:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item