PENGARUH GAYA TEKAN PUNCH TERHADAP SPRINGBACK UNTUK PEMBUATAN BUMPER TRUK

SYAMSUDIN, MUHAMAD FAHMI (2019) PENGARUH GAYA TEKAN PUNCH TERHADAP SPRINGBACK UNTUK PEMBUATAN BUMPER TRUK. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (778kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bumper merupakan sebuah alat pengaman yang berada di depan dan di belakang paling luar di dalam sebuah kendaraan. Bentuk bumper pada kendaraan sangat bervariasi, tergantung jenis dan model mobil tersebut. Bumper pertama kali di temukan oleh seorang ilmuan yang berasal dari jerman, kurang lebih pada tahun 1918.Pada sebuah kendaraan niaga seperti truk bumper selain berfungsi sebagai peredam saat terjadi benturan keras bumper juga sebagai pelindung dari komponen mesin. Pembuatan bumper dengan proses penekukan plat akan mengalami springback saat gaya tekan telah dihilangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya tekan dan ketebalan dari plat mildsteel AISI 1023 terhadap springback untuk pembuatan bumper truk. Hasil dari penelitian dengan menggunakan plat mildsteel AISI 1023 dengan ketebalan 1mm dengan diberi gaya tekan sebesar 30 kgf mendapatkan nilai springback rata-rata sebesar 19,66°, dan untuk ketebalan 2 mm dengan diberi gaya 30 kgf mendapatkan nilai springback rata-rata sebesar 10° ,sedangkan untuk ketebalan plat 3mm dengan diberi gaya 30 kgf mendapatkan nilai springback rata-rata sebesar 7,66°. Hasil analisa diketahui bahwa semakin besar gaya tekan yang diberikan pada plat maka plat tersebut semakin besar daerah plastisnya dan semakin tebal plat maka daerah plastisnya juga akan semakin besar hal tersebut yang menyebabkan nilai springbacknya menurun. Jadi dapat disimpulkan bahwa plat dengan ketebalan 3 mm lebih cocok untuk digunakan sebagai bahan bumper truk karena memiliki nilai springback kecil sehingga hasil tekukan plat lebih bagus dan presisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMAD FAHMI SYAMSUDIN (15.11.071)
Uncontrolled Keywords: Springback, Proses bending, Plat mildsteel AISI 1023
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:29
Last Modified: 24 Sep 2019 08:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item View Item