IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH AL-QURAN BERBASIS ANDROID

aktafi, billah (2020) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH AL-QURAN BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
bagian awal-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (856kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (80kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal BILLAH-dikonversi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (502kB)

Abstract

Indonesia ialah salah satu negara dengan islam terbesar di dunia salah satu kewajiban umat islam ialah membaca Al-Quran, membaca Al-Quran sejak usia dini merupakan pembelajaran awal yang baik bagi setiap anak dengan mengenalkan huruf HijaIyah adalah salah satunya untuk pembelajaran awal namun sebagian anak-anak usia 4 sampai 7 tahun lebih memilih dan asyik dengan smartphone mereka ketimbang dengan belajar membaca Al-Quran. Dengan demikian anak-anak sangat sulit sekali membedakan huruf-huruf hijaiyah contoh orang semua tentunya teknologi era di itu sebab oleh sebagainya lain dan ن dengan ت seperti sudah akrab dengan teknologi 3dimensi (3D), sekarang hadir sebuah teknologi baru yang di sebut Augmented Reality(AR) yakni teknologi bisa mengabungkan dunia nyata dengan dunia maya yang di proyeksikan melalui prangkat elektronik. Dengan perkembangan teknologi saat ini, belajar maupun mencari informasi tidaklah sulit dilakukan. Telah banyak cara yang dilakukan oleh peneliti terdahulu untuk membuat media pembelajaran menumbuhkan minat belajar mengenai huruf hijaiyah. salah satunya mengguakan Augmented Reality(AR) ini dengan memaduka huruf HijaIyah yang di proyeksikan 3dimensi untuk mengenal perbedaan yang terdapat pada huruf dengan aplikasi edukasi interaktif berbasis android di dalam aplikasi ini terdapat juga suara untuk membantu anak anak memahami perbedaan huruf Hijaiyah dalam makhrijul hurufnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Billah Aktafi (1418099)
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah Al-Quran, Augmented Reality, Android
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 07 Feb 2020 03:47
Last Modified: 07 Feb 2020 03:47
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4598

Actions (login required)

View Item View Item