Herawati, Lenny (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK BARU PADA UKM GULA MERAH DI DESA SUMBERDADI KECAMATAN SUMBER GEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG.
Text
1_BAGIAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (157kB) |
|
Text
2_BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (197kB) |
|
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (720kB) | Request a copy |
|
Text
6_BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (154kB) |
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (147kB) | Request a copy |
|
Text
8_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
9_JURNAL NASIONAL.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
10_JURNAL INTERNASIONAL.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
Jurnal Lenny.docx Download (203kB) |
Abstract
UKM pada penelitian ini adalah UKM dengan hasil produksi gula merah.Dalam menjalankan usahanya, UKM menghadapi berbagai kendala, diantaranya gula merah ini merupakan produk baru, persaingan semakin ketat.Tujuan penelitian ini adalah menentukan posisi kuadran UKM dan membuat usulan strategi untuk meningkatkan penjualan produk gula merah. Disisi lain tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman UKM dengan menggunakan analisa SWOT 1 serta membuat usulan strategi untuk diterapkan dalam menghadapi pesaing, memenuhi target penjualan 100 ton per bulan atau 0,0025% dari kebutuhan gula merah Nasional per tahun dengan menggunakan Voice of Customer dan QFD serta melakukan pengukuran efek dari usulan strategi menggunakan SWOT 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, Voice of Customer dan QFD. Hasil penelitian menunjukkan analisa awal dengan SWOT 1 UKM dalam posisi kuadran 4 yaitu merupakan situasi yang sangat tidak menguntungkan, kemudian dibuat usulan perbaikan yang didesain menggunakan Voice of Customer kemudian dilakukan penyusunan matriks yang paling dibutuhkan oleh konsumen menggunakan HOQ sehingga diperoleh hasil untuk memperbaiki kualitas berdasar konsep QFD. Usulan perbaikan tersebut diberikan pada pemilik UKM gula merah kemudian usulan tersebut diimplementasikan pada dua kali proses produksi. Hasil produksi dari implementasi usulan selanjutnya dipasarkan kemudian dilakukan pengukuran menggunakan SWOT 2 untuk melihat efek perubahan dari usulan perbaikan dengan menggunakan instrument dan responden yang sama pada SWOT 1, maka hasil dari usulan perbaikan dapat dibandingkan antara hasil analisis pada SWOT 1 dan SWOT 2. Hasil analisa perbaikan menggunakan Voice of Customer dan QFD menunjukkan langkah penjualan yang harus dilakukan oleh UKM dan hasil analisa SWOT 2 setelah melakukan perbaikan menunjukkan bahwa UKM dalam posisi kuadran 1 yaitu merupakan situasi yang sangat menguntungkan, dimana UKM memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada. Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa UKM berada pada posisi kuadran 1 dan usulan perbaikan yang perlu dilakukan adalah memperhatikan warna dan membedakan pada saat proses produksi, aroma khas tebu, tekstur gula, kebersihan, sedikit dibawah harga pasar dan mempunyai seorang sales yang menawarkan produk gula merah.Kata Kunci : Peningkatan penjualan, SWOT, Voice of Customer, QFD
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Peningkatan penjualan, SWOT, Voice of Customer, QFD |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknik Industri S2 > Teknik Industri S2(Tesis) |
Depositing User: | haning haning |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 02:05 |
Last Modified: | 31 May 2024 05:09 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4742 |
Actions (login required)
View Item |