Purnamasari, Siti Umami (2020) ANALISA PENGARUH PEMAKANAN (CUTTING) TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN SILINDER BLOK SEPEDA MOTOR TIPE “X” MENGGUNAKAN MESIN CNC MILLING (FRAIS) TIPE GSK 3A DENGAN PENDINGINAN AIR. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text
LAMPIRAN I.pdf Download (35kB) |
|
Text
LAMPIRAN II.pdf Download (383kB) |
|
Text
LAMPIRAN III.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
JURNAL.pdf Download (740kB) |
Abstract
Setiap poses permesinan berpengaruh terhadap nilai kekasaran pada permukaan benda kerja hasil pemakanan. Kekasaran permukaan pada hakekatnya merupakan ketidak teraturan konfigurasi permukaan yang bisa berupa guratan atau kawah kecil pada permukaan. Guratan atau kawah kecil tersebut akan menjadi takikan (notch) yang merupakan tempat konsentrasi tegangan, sehingga apabila menerima beban tinggi akan berakibat keretakan. Selain itu proses peningkatan perkaratan selalu dimulai dari titik inti karat. Pada permukaan kasar lebih besar timbulnya inti karat dari pada permukaan yang lebih halus. Dan nilai kekasaran permukaan pada silinder block motor itu sangat penting dikarnakan pada permukaan bagian atas itu berhubungan dengan kompresi mesin motor bakar. apabila permukaan silinder itu memiliki nilai kekasaran yang diluar batas standartnya maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sistem pembakaran yang ada didalam ruang bakar dikarnakan kepala silinder/silnder head itu menempel diatas permukaan silinder block motor yang hanya disekat oleh packing dan hanya diikat oleh 4 Baut. supaya 2 komponen silinder head dan silinder block tidak lepas. Maka dari itu dari permukaan silinder block motor harus memiliki nilai kekasaran yang tidak boleh melebihi batas dari nilai kekasaran yang sudah diizinkan dari standart yang sudah ditentukan. dikarnakan apabila melebihi batas tersebut akan terjadi kebocoran kompresi, dan terjadi kebocoran tenaga atau usaha motor pada saat pembakaran didalam ruang bakar. Dan apabila mengalami kebocoran kompresi dan kehilangan usaha pembakaran maka akan berpengaruh terhadap performa suatu kerja mesin motor bakar tersebut.Dalam penelitian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Engineering > Mechanical Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi) |
Depositing User: | Handoyo Eka |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 04:33 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 03:54 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/4745 |
Actions (login required)
View Item |