Alternatif Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Sungai Besuk Kobok’an Tipe Pelengkung (Through Arch) dengan Box Baja Menggunakan Metode Lrfd

Adi Pratama, Kadek Wahyu (2022) Alternatif Perencanaan Ulang Struktur Atas Jembatan Sungai Besuk Kobok’an Tipe Pelengkung (Through Arch) dengan Box Baja Menggunakan Metode Lrfd. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1821082_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1821082_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (163kB)
[img] Text
1821082_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1821082_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
1821082_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1821082_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
1821082_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text
1821082_LAMPIRAN (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10MB)

Abstract

Jembatan Sungai Besuk Kobok’an terletak di Jalan Raya Dampit-Lumajang No.335, Krajan, Jarit, Kec. Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jembatan ini membentang 130 m di atas Sungai Besuk Kobok’an dengan konstruksi beton bertulang. Akan tetapi pada Tanggal 4 Desember 2021 yang lalu, jembatan ini mengalami kerusakan akibat erupsi Gunung Semeru sehingga mengakibatkan terputusnya akses lalu lintas di sana. Berdasarkan permasalahan tersebut, Jembatan Sungai Besuk Kobok’an didesain ulang dengan konstruksi baja tipe pelengkung (through arch) dengan menggunakan box baja didesain setinggi 22 meter, lebar jembatan 9 meter, jarak antar gelagar memanjang 1,75 meter, serta jarak antar gelagar melintang 5 meter. Hasil dari perencanaan yang telah dilakukan menggunakan metode Load and Resistance Factor Design (LRFD), digunakan profil WF "450 × 200 × 9 × 14" untuk gelagar memanjang, profil WF "800 × 300 × 14 × 26" untuk gelagar melintang, profil box "B 1500 × 1200 × 60 × 60" untuk gelagar induk pelengkung, profil box "B 800 × 600 × 30 × 30" untuk gelagar induk memanjang tepi, profil box "B 500 × 500 × 30 × 30" untuk ikatan angin atas, profil box "B 300 × 300 × 20 × 20" untuk ikatan angin atas, profil siku "L 200 × 200 × 25" untuk ikatan angin atas, digunakan kabel dari Tension Rod Macalloy dengan diameter 60 mm. Untuk perletakan jembatan didapatkan dimensi perletakan elastomer "400 × 400 × 120" serta perletakan base plate didapatkan dimensi "2100 × 1800 × 45".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kadek Wahyu Adi Pratama (1821082)
Uncontrolled Keywords: Box Baja, Jembatan, LRFD, Pelengkung
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 999 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2022 06:32
Last Modified: 13 Dec 2022 06:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/9693

Actions (login required)

View Item View Item