KAJIAN WAKTU OPERASI TERHADAP PENURUNAN DETERJEN DAN MINYAK LEMAK PADA LIMBAH CAIR PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN REAKTOR "AEROKARBONBIOFILTER"

MAWARDIN, . (2011) KAJIAN WAKTU OPERASI TERHADAP PENURUNAN DETERJEN DAN MINYAK LEMAK PADA LIMBAH CAIR PENCUCIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN REAKTOR "AEROKARBONBIOFILTER". Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0426014.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk dan gaya hidup khususnya di Kota Malang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan pelayanan, salah satunya jasa pencucian kendaraan bermotor usaha ini memberikan berbagai dampak terhadap masyarakat maupun lingkungan. Limbah cair yang dihasilkan dari kegiatan tersebut berupa limbah Deterjen dan Minyak Lemak. Alternatif sistem pengolahan yang relatif murah, mudah dalam pengoperasiannya dan ramah lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan variasi waktu detensi 1,5 jam dan 2,5 jam dengan waktu operasional 24 hari. Penelitian ini bertujuan untuk Menentukan waktu operasi dan waktu detensi yang dibutuhkan reaktor Aerokarbonbiofilter, dalam mengolah limbah cair pencucian kendaraan bermotor guna mencapai efisiensi yang tinggi. Tahapan pengolahan limbah meliputi proses acrasi tipe tray (Tray aeration) yang terdiri dari dari 4 tray, adsorbsi dengan media karbon aktif, biologis sebagai media tempat tumbuh bakteri menggunakan pecahan batu bata sebagai media hidup mikroba (Fixed film), dan filtrasi dengan media pasir (Sand filtration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu optimal operasional reaktor AerokarbonBiofilter dalam menurunkan konsentrasi deterjen dan minyak lemak limbah cair pencucian kendaraan bermotor terjadi pada hari ke 10 sampai hari ke 14 dengan waktu detensi 2,5 jam. Kata kunci: Aerokarbonbiofilter, Batu Bata, Deterjen, Minyak lemak, Pencucian Kendaraan Bermotor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MAWARDIN (0426014)
Uncontrolled Keywords: Aerokarbonbiofilter, Batu Bata, Deterjen, Minyak lemak, Pencucian Kendaraan Bermotor
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:40
Last Modified: 20 Jan 2023 01:40
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10325

Actions (login required)

View Item View Item