Penggunaan Buffle Channel Vertikal Cyclone pada proses Flokulasi guna penurunan Kadar Besi (Fe) dan Kekeruhan pada air baku Bendungan Sutami

Wicaksono, Akhmad Riza Dwi (2014) Penggunaan Buffle Channel Vertikal Cyclone pada proses Flokulasi guna penurunan Kadar Besi (Fe) dan Kekeruhan pada air baku Bendungan Sutami. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
0826016.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Bendungan Sutami adalah salah satu sumber yang paling berpotensi untuk memberi pasokan air baku. Masalah utama dalam pemanfaatannya adalah kualitasnya yang kurang baik dan cenderung menurun sehingga sebelum digunakan sebagai air bersih memerlukan pengolahan terlebih dahulu, untuk dapat memenuhi syarat air bersih. Salah satu pengolahan air bersih adalah proses koagulasi flokulasi Buffle channel vertikal cyclone yaitu proses flokulasi yang menggunakan saluran bersekat berbentuk persegienam. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengetahui efektifitas Buffle channel vertikal cyclone pada proses flokulasi dalam menurunkan parameter Besi (Fe) dan Kekeruhan pada air sampel. Penelitian ini mengkaji proses Koagulasi Flokulasi Buffle channel vertikal cyclone untuk menurunkan kadar Besi (Fe) dan kekeruhan dengan menggunakan variasi waktu detensi 10 dan 20 menit setiap kompartemen dan dosis koagulan yang digunakan adalah 5 mg/l dengan jenis koagulan tawas dan PAC. Metode aliran yang digunakan adalah aliran kontinyu. Hasil penelitian menunjukan jenis koagulan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan parameter Besi (Fe) dan Kekeruhan, hasil penurunan yang signifikan didapat dari variasi waktu detensi 20 menit yang mengalami penurunan pada konsentrasi kekeruhan sebesar 60,61 % dan konsentrasi Besi (Fe) sebesar 46,26 %. Nilai kekeruhan akhir terendah adalah sebesar 3,9 NTU dan nilai akhir penurunan konsentrasi Besi (Fe) sebesar 0,26 mg/l. Dari hasil yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa air Bendungan Sutami yang telah melewati proses Pretreatment ini telah memenuhi baku mutu sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.492/Menkes/Per/IV/2010. Kata Kunci: Besi, Buffle channel vertikal cyclone, Kekeruhan, PAC, Tawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Akhmad Riza Dwi Wicaksono (0826016)
Uncontrolled Keywords: Besi, Buffle channel vertikal cyclone, Kekeruhan, PAC, Tawas
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: septiani rosyidah
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:10
Last Modified: 24 Jan 2023 01:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10350

Actions (login required)

View Item View Item