UJI KEMAMPUAN ROV6HIN6 FILTER ALIRAN HORIZONTAL TERHADAP PENURUNAN KADAR SULFUR (S), BESI (Fe) DAN KEKERUHAN PADA AIR PANAS

SUANTARI, NI MADE (2005) UJI KEMAMPUAN ROV6HIN6 FILTER ALIRAN HORIZONTAL TERHADAP PENURUNAN KADAR SULFUR (S), BESI (Fe) DAN KEKERUHAN PADA AIR PANAS. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
0026036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Sumber air panas merupakan mata air yang muncul pada daerah pegunungan yang masih memiliki aktivitas vulkanik. Sumber air panas dapat dimanfaatkan sebagai air minum dengan menurunkan kandungan sulfur dan berbagai unsur lainnya seperti besi (Fe) dan kekeruhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan roughing filter aliran horizontal dalam menurunkan 'icimdungan sulfur, besi dan kekeruhan dari sumber air panas. Roughing filter merupakan salah satu pengolahan pendahuluan yang umum dipakai dalam penyediaan air bersih. Kelebihan filter ini adalah bahan baku media mudah diperoleh, tidak diperlukan tenaga ahli dalam pengoperasiannya serta biaya pembuatannya yang rendah. Untuk mengetahui perbedaan antara berbagai variasi percobaan yaitu variasi debit, diameter dan panjang media dilakukan analisa statistik dengan ANOV A. Dari basil penelitian diperoleh prosentase penurunan sulfur, besi dan kekeruhan yang tertinggi yaitu pada variasi debit 0.5 Vmnt, diameter media 4.70mm dan panjang media 120 cm. Prosentase penurunan sulfur paling tinggi yaitu sebesar 29.45%, penurunan besi sebesar 51.21% dan kekeruhan 54.43%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Lingkungan S1 > Teknik Lingkungan S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:13
Last Modified: 24 Jan 2023 01:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item