Analisa Karakteristik Parkir Kendaraan Pada Tepi Jalan Di Area Parkir Pasar Rakyat Atambua

Musu, Ignatius Loyola Sintu (2022) Analisa Karakteristik Parkir Kendaraan Pada Tepi Jalan Di Area Parkir Pasar Rakyat Atambua. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1521161_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1521161_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (303kB)
[img] Text
1521161_BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB)
[img] Text
1521161_BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (337kB)
[img] Text
1521161_BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
1521161_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (260kB)
[img] Text
1521161_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB)
[img] Text
1521161_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Pasar Rakyat Atambua Kabupaten Belu merupakan pasar yang sering di pilih oleh penduduk kabupaten belu sebagai tempat untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga dan juga kebutuhan pokok, dengan adanya pengunjung dari berbagai wilayah di kabupaten tersebut maka harus memiliki fasilitas parkir yang memadai sehingga dapat menjadi tempat parkir untuk menanampung kendaraan pengunjung yang berkunjung ke Pasar Rakyat Atambua Kabupaten Belu Tersebut. Pada penelitian ini penulis melakukan survey langsung kelapangan untuk mendapatkan data langsung pada lokasi, dengan cara mencatat plat nomor pengendara yang melakan parkir pada tepi jalan dan mencatat jam keluar masuk kendaraan pada area sekitar Pasar Rakyat Atambua Kabupaten Belu. Survey dilakukan Selama 3 hari pengambilan data yaitu pada hari Sabtu 13 Maret 2021, Minggu 14 Maret 2021 dan Senin 15 Maret 2021, yang dimulai pada jam 06.00 – 18.00 WITA. Berdasarkan hasil dari analisa data, maka didapat karakteristik parkir dengan jumlah kendaraan yang ada pada area parkir roda empat maksimum sebanyak 33 kendaraan, dan untuk roda dua jumlah kendaraan yang ada pada area parkir maksimum sebanyak 78 kendaraan. Volume parkir maksimal untuk kendaraan roda empat sebanyak 593 kendaraan, dan untuk kendaraan roda dua sebanyak 1828 kendaraan. Turnover Parkir maksimal untuk kendaraan roda empat sebanyak 8,85 kendaraan/ruang/12jam, sedangkan untuk kendaraan roda dua sebanyak 2,18 kendaraan/ruang/12jam. Indeks Parking kamsimum untuk kendaraan roda empat sebesar 49,3 %, sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar 9,5 %. Headway rata-rata tertinggi untuk kendaraan roda empat selama 2,85 menit, sedangkan untuk kendaraan roda dua selama 0,48 menit. Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) kendaraan roda empat sebesar 412,5 m². Sedangkan luas area parkir untuk mobil sebesar 117 m². Kata Kunci : Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Turnover Parkirng, Indeks Parking, Headway, Kebutuhan Ruang Parkir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ignatius Loyola Sintu Musu (1521161)
Uncontrolled Keywords: Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Turnover Parkir, Indeks Parkir, Headway, Kebutuhan Ruang Parkir
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1082 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:28
Last Modified: 17 Feb 2023 04:28
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item