Penerapan Algoritma Deteksi Pitch Menggunakan Modul Pitchfinder Pada Game Platform Sebagai Gamifikasi Untuk Membaca Notasi Angka

Hariyanto, Nicollas Edgar Septandita (2023) Penerapan Algoritma Deteksi Pitch Menggunakan Modul Pitchfinder Pada Game Platform Sebagai Gamifikasi Untuk Membaca Notasi Angka. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1818062_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (379kB)
[img] Text
1818062_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18kB)
[img] Text
1818062_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
1818062_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
1818062_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1818062_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
1818062_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (92kB)
[img] Text
1818062_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
1818062_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (418kB)

Abstract

Dasar teori musik yang perlu dipelajari salah satunya adalah kemampuan membaca notasi angka. National Association for Music Education dalam blognya tentang Literasi Musik dan Relevansi Notasi Musik mengatakan secara umum terjadi penurunan tentang pengetahuan cara membaca dan menyanyi notasi musik. Hampir pada semua kasus, faktor yang menyebabkan buta notasi angka terjadi karena pengajaran yang buruk atau tidak ada pengajaran sama sekali. Diperlukan pengajaran yang baik untuk mengenalkan notasi musik. Model yang dapat digunakan oleh pendidik yaitu model pembelajaran berbasis game. Dari permasalahan tersebut penulis membuat sebuah aplikasi permainan berbasis mobile yang dapat digunakan sebagai metode pembelajaran alternatif gamifikasi untuk memahami notasi angka dengan menggunakan modul pitchfinder sebagai modul yang mampu mendeteksi nada. Modul pitcfinder adalah sekumpulan fungsi yang siap pakai untuk tujuan algoritma deteksi nada menggunakan bahasa javascript. Modul ini mampu didukung untuk aplikasi browser komputer. Algoritma deteksi nada yang dapat dipakai pada modul ini yaitu: YIN, AMDF, Dynamic wavelet, dan Autocorrelation function. Metode yang memiliki tingkat akurasi dan kecepatan deteksi seimbang menurut sumber dari modul adalah fungsi deteksi nada menggunakan metode YIN. Hasil penelitian ini berupa aplikasi berbasis mobile yang memiliki permainan menggunakan suara sebagai kontrol untuk mendapatkan nilai setinggi-tingginya. Aplikasi dilengkapi dengan fitur tuner tool dan instruksi untuk memainkan permainan aplikasi dengan judul sing to hit mole.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nicollas Edgar Septandita Hariyanto (1818062)
Uncontrolled Keywords: Algoritma deteksi nada, Pitchfinder, Gamifikasi, Notasi angka, Mobile
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Users 1144 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:00
Last Modified: 15 Mar 2023 05:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/10866

Actions (login required)

View Item View Item