Perancangan Koridor Rel Kereta Api Berdasarkan Persepsi Pengunjung dan Kondisi di Lapangan

Marha, Tuhaiwin (2018) Perancangan Koridor Rel Kereta Api Berdasarkan Persepsi Pengunjung dan Kondisi di Lapangan. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text (fulltext)
marja.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Kereta Api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api tersebut yang dapat digunakaan untuk mengangkut kargo atau penumpang. Adapun rel kereta api biasanya terdiri dari dua/tiga/empat rel dengan sejumlah monorel dan Guideways Magiev dalam campuran. dalam berjalannya waktu rel kereta api yang ada di Indonesia khususnya kota Malang yang membentuk ciri khas koridor masing-masing. dan adapun koridor yang ada di Malang terbagi menjadi 3 jenis yaitu ; Koridor permukiman kumuh, Koridor tegalan, koridor sawah. Karena berdasarkan observasi sementara ini lah penulis membuat/menyusun penelitian untuk menghasilkan perancangan element koridor rel kereta api menurut persepsi pengunjung dan kondisi lapangan, di stasiun Kota Malang koridor 0-5 Km. Dalam penelitian ini digunakan beberapa analisis yaitu; 1) Analisis sudut pandang manusia, dengan menggunakan perhitungan dengan rumus D/H. Dimana D merupakan jarak antara bangunan terhadap objek dan H adalah tinggi dari objek. 2) Analisis distribusi frekuensi, dengan menggunakan quisioner dan wawancara. 3) Analisa kemampuan visual manusia, dengan menggunakan analisa antara titik penglihatan, sudut penglihatan, dan jarak penglihatan. 4) Analisa Swot, dengan menggunakan quisioner,wawancara,dan survey lapangan. 5) Analisa isian dari koridor tersebut dengan mengunakan data dari RTRW Kota Malang dan wawancara dari penumpang kereta api.Hasil yang diinginkan dari penelitian ini adalah; 1) titik-titik lokasi yang baik dan buruk menurut pengunjung. 2) Titik-titik lokasi yang baik dan buruk menurut teori perancangan dan kondisi di lapangan. 3) Merancang koridor berdasarkan hasil dari nomor 1 dan 2 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Perancangan, Koridor
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 07 Jan 2019 01:17
Last Modified: 07 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item