SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH TANGGA MISKIN (RTM) PENERIMA KARTU KELUARGA SEJAHTERA DEN GAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus Di Desa Tluwuk, Wedarijaksa, Pati)

MURPRATIWI, SANTI IKA (2016) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN RUMAH TANGGA MISKIN (RTM) PENERIMA KARTU KELUARGA SEJAHTERA DEN GAN MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (Studi Kasus Di Desa Tluwuk, Wedarijaksa, Pati). Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI MALANG.

[img] Text
1218163.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Program pemberantasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia terus di/akukan dengan sasaran Rumah Tangga Miskin (RTM). Berbagai program diciptakan untuk membantu meningkatkan sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Sa/ah satunya adalah program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Namun, dalam pelaksanaannya terjadi beberapa pelanggaran terutama dalam penggunaan basis data penerima bantuan sehingga dibutuhkon pembaharuan basis data Rumah Tangga Miskin (RTM). Untuk melakukan pembaharuan data masyarakat kurang mampu dibutuhkan pendataan dan se/eksi ulang yang membutuhkan waktu yang lama apabila dilakukan secara manual. Petugas akan kesu/itan da/am melakukan pendataan dikarenakan faktor waktu, /okasi, dan keakuratan data. O/eh karena itu, untuk membantu petugas, maka penulis membuat sebuah sistem pendukung keputusan pemi/ihan Rumah Tangga Miskin (RTM) dengan menggunakan metode profile matching. Sistem pendukung keputusan ini dibangun dengan menggunakan software Microsoft Visual Studio Ultimate 2012 untuk membangun aplikasinya dan MySQL digunakan sebagai database nya. Dari hasil pengujian yang di/akukan yaitu pengujian terhadap fungsionalitas sistem dengan operating system yang berbeda dan pengujian user, sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Input utama adalah ni/ai profil dari masing-masing pendaftar yang akan dioutputkan da/am bentuk perangkingan dan akan diurutkan dari nilai besar ke kecil untuk ditentukan siapa yang berhak menerima bantuan. Untuk pengujian user dilakukan dengan mencari 5 (/ima) orang yaitu Kepa/a Desa T/uwuk, Kepala bagian ekonomi dan pembangunan desa, sekertaris bagian ekonomi dan pembangunan desa, ketua RT. 07/02, dan bagian administrasi. Dari ke 5 responden memberikan peni/aian tentang sistem dengan menjawab 5 poin yang diujikan dengan hasil 80 % menyatakan baik, 16% menyatakan cukup, dan 4% menyatakan kurang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Handoyo Eka
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:49
Last Modified: 24 Jul 2023 00:49
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12436

Actions (login required)

View Item View Item