Pradina, Ayuni Eka (2023) PENERAPAN METODE SINGLE MOVING AVERAGE DALAM SISTEM PERAMALAN PENJUALAN PADA TOKO SERAGAM SEKOLAH AYZAM. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Toko Seragam Sekolah AYZAM merupakan toko seragam sekolah yang berdiri sejak 2019 berada di kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sebagai toko yang bergerak di bidang penjualan, toko AYZAM tentunya memerlukan pendataan data sebelumnya untuk melakukan stok barang pada penjualan yang akan datang. Proses pendataan pada toko AYZAM masih jauh dari perkembangan teknologi sekarang yaitu menggunakan rekap data manual sehingga kesulitan melakukan prediksi persediaan barang untuk penjualan berikutnya. Dari permasalahan tersebut, penulis membangun sistem informasi yang dapat melakukan peramalan untuk persediaan barang periode berikutnya dilengkapi dengan sistem yang dapat melakukan rekap data. Sistem dibangun menggunakan framework laravel dengan berbasis website. Sistem tersebut menerapkan Metode Single Moving Average (SMA) sebagai metode peramalan. Setelah didapatkan nilai peramalan, akan dilakukan pengujian menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui apakah metode ini layak digunakan untuk melakukan peramalan persediaan barang untuk periode yang akan datang. Setelah didapatkan hasil prediksi penjualan, pada periode 7 dilakukan pengujian dengan mengambil perhitungan contoh 5 barang menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) dengan hasil 26,068%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ayuni Eka Pradina (1918089) |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Peramalan, Single Moving Average, Toko Seragam Sekolah AYZAM |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ayuni Eka Pradina |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:25 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:25 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/12924 |
Actions (login required)
View Item |