Analisa Pengaruh Pemanasan Udara Sebelum Pencampuran Bahan Bakar atau Preheater Menggunakan Pemanas Tipe “Conical Spiral Tube” (Memanfaatkan Udara Gas Buang Knalpot) Terhadap Prestasi Mesin

Handoko, Shandy (2015) Analisa Pengaruh Pemanasan Udara Sebelum Pencampuran Bahan Bakar atau Preheater Menggunakan Pemanas Tipe “Conical Spiral Tube” (Memanfaatkan Udara Gas Buang Knalpot) Terhadap Prestasi Mesin. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Skripsi Shandy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan gas buang merupakan suatu solusi untuk memanfaatkan energi panas sisa pembakaran yang terbuang percuma. Dengan mengamati semakin mahalnya harga bahan bakar dan semakin sedikitnya cadangan minyak yang ada, pembuatan alat berupa koil tipe conical dapat membantu permasalahan. Apabila hal ini tidak dilakukan kemungkinan permasalahan bahan bakar tidak dapat terwujud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh temperatur udara terhadap prestasi mesin serta mengetahui temperatur udara terbaik untuk hasil efisiensi bahan bakar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan alat pemanfaatan gas buang kendaraan dalam mendukung pemanfaatan energi dan penghematan energi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik interview, literatur, observasi dan eksperimen. Hasil analisa data menunjukkan bahwa perbandingan antara koil tipe conical dan tanpa menggunakan koil, torsi dan brake power lebih tinggi didapat koil tipe conical, brake spesific fuel consumption koil tipe conical lebih rendah. Manfaat dari penelitian yaitu : Dapat mengetahui temperatur terbaik sehingga bisa mendapatkan prestasi mesin yang optimal; Bisa digunakan sebagai acuan yang nantinya digunakan untuk pengaturan temperatur pada motor bakar ; Bisa digunakan sebagai masukan pada industri otomotif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan panas gas buang dengan koil tipe conical berfungsi secara efektif, dengan hasil konsumsi bahan bakar lebih sedikit dan temperatur udara sangat berpengaruh terhadap prestasi mesin. Dan diharapkan dilakukan penelitian lebih lanjut yang difokuskan Pada penambahan jumlah pipa agar panas yang dihasilkan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: emanfaatan Gas Buang, Koil Tipe conical, Efisiensi bahan bakar
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:35
Last Modified: 05 Dec 2025 01:58
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item