PENGARUH VARIASI KECEPATAN PUTAR RODA DENGAN PEMBEBANAN DINAMIS TERHADAP LAJU PENGEREMAN MENGGUNAKAN ALAT UJI KAMPAS REM “LOAD OF DINAMIC”

Dewantara, Satria Fajar (2019) PENGARUH VARIASI KECEPATAN PUTAR RODA DENGAN PEMBEBANAN DINAMIS TERHADAP LAJU PENGEREMAN MENGGUNAKAN ALAT UJI KAMPAS REM “LOAD OF DINAMIC”. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (133kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (62kB)

Abstract

Persaingan di dunia otomotif semakin sengit, contohnya sepeda motor, dari tahun ke tahun, sepeda motor semakin banyak berkembang, missal merek A mengeluarkan product terbaru, merek B dan C pun mengeluarkan product terbarunya, ada yang di upgrade cc nya, ada yang sekedar mengganti tampilannya saja dan lain sebagainya, maklum sepeda motor memempunyai desain yang minimalis dan mampu menempuh jarak yang jauh, mengingat komponennya yang tidak begitu besar namun bias menempuh jarak yang terbilang cukup jauh, namun pada dasarnya sepeda motor tidak dapat berhenti dengan sendirinya apabila tidak dilengkapi dengan system pengereman. Sistem pengereman adalah salah satu bagian yang paling penting bagi kinerja sepeda motor. Rem merupakan suatu sistem yang bekerja untuk mengontrol, memperlambat, dan menghentikan perputaran. Prinsip kerja dari rem adalah merubah energi kinetik menjadi panas dengan cara menggesekkan piringan (disc break) dengan kampas rem (brake pad). Selama pengereman, getaran terjadi pada piringan dan kampas rem. Ketikrataan permukaan disc brake (kekasaran permukaan) dan faktor gesekan mengakibatkan kampas (pad) tertumbuk dan bergoncang. Pada akhirnya kampas bergetar pada kaliper dan menyebabkan kaliper juga ikut bergetar. Getaran pada ketiga komponen tersebut sleanjutnya memiliki peran penting terhadap terjadinya bunyi saat pengereman dilakukan. Beban pengereman berhubungan dengan tekanan yang terjadi pada kampas cakrama dengan piringan cakram, semakin besar beban pengereman, maka tekanannya akan semakin besar. Sedangkan berat pengendara berpengaruh terhadap besar gaya yang dibutuhkan untuk menghentikan laju kendaraan. Semakin besar berat pengendara, maka gaya yang dibutuhkan untuk menghentikan kendaraan akan semakin besar juga, tidak lupa juga pengaruh kecepatan putar roda juga berpengaruh terhadap perlambatan putaran roda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Satria Fajar Dewantara (1511034)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan roda putar, Uji kampas, Load of Dinamic
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: satria fajar dewantara
Date Deposited: 07 May 2024 04:36
Last Modified: 07 May 2024 04:36
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14493

Actions (login required)

View Item View Item