ANALISA DISTRIBUSI BEBAN PADA TRUCK IVECO T-WAY 8X4 DENGAN GRADIEN 1% SAMPAI DENGAN 30%

Hadi, Syaiful (2025) ANALISA DISTRIBUSI BEBAN PADA TRUCK IVECO T-WAY 8X4 DENGAN GRADIEN 1% SAMPAI DENGAN 30%. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2111075_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (415kB)
[img] Text
2111075_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (223kB)
[img] Text
2111075_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
2111075_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
2111075_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
2111075_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
2111075_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (135kB)
[img] Text
2111075_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil batu bara terbesar di dunia, di mana sektor pertambangan memegang peran penting dalam perekonomian nasional. Dalam kegiatan pengangkutan material tambang seperti batu bara, dump truck menjadi alat berat yang sangat penting. Salah satu jenis dump truck yang digunakan adalah Iveco T-Way 8x4 dengan kapasitas angkut maksimum mencapai 35 m³. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distribusi beban dan kestabilan kendaraan pada medan pertambangan dengan variasi gradien kemiringan antara 1% hingga 30%. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data teknis dari PT Sanggar Sarana Baja serta pengamatan kondisi lapangan dari PT Chakra Jawara. Analisis dilakukan melalui perhitungan titik pusat massa (Center of Gravity), distribusi beban antara gandar depan dan belakang, serta evaluasi kestabilan kendaraan pada kondisi jalan datar, menanjak, dan menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin besar sudut gradien, semakin signifikan pergeseran muatan, yang berpengaruh terhadap distribusi beban dan potensi ketidakstabilan. Penelitian ini berhasil menentukan batas maksimum gradien dan beban muatan agar dump truck dapat beroperasi secara aman. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi teknis dalam penyusunan standar operasional prosedur (SOP) pengangkutan material tambang, guna meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional di area tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Syaiful Hadi (2111075)
Uncontrolled Keywords: Batu bara, Dump Truck, Distribusi Beban, Gradien Jalan, Titik Berat, Kestabilan.
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: SYAIFUL HADI
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:09
Last Modified: 05 Aug 2025 06:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item