Wibawa, Dewa Chandra Agung (2025) Game Edukasi 2D Berbasis Android "Journey of Tolerance". Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Game edukasi merupakan media yang efektif untuk menyampaikan nilai moral dan sosial, khususnya kepada remaja. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game 2D berbasis Android berjudul Journey Of Tolerance sebagai media interaktif untuk mengajarkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama di Indonesia. Pengembangan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan agar proses terstruktur dan sistematis, serta pendekatan Finite State Machine (FSM) untuk mengatur pergerakan NPC dalam empat kondisi utama yaitu idle, patrol, interacting, dan responding. Game ini terdiri dari enam stage dengan latar tempat ibadah berbeda dan dialog interaktif berbasis pilihan untuk menguji pemahaman pemain mengenai sikap toleransi. Hasil pengujian pada responden usia 12–18 tahun menunjukkan bahwa sebanyak 96% pengguna merasa game ini membantu memahami toleransi beragama dan menyampaikan pesan moral secara menarik. Ditambah dengan implementasi FSM pada NPC dengan hasil pengujian berjalan sesuai input yang diberikan dan menunjukkan bahwa FSM mampu mengatur perilaku NPC secara dinamis dan mendukung pengalaman bermain yang natural dan realistis. serta hasil pengujian device menunjukkan bahwa game tetap berjalan lancar dan stabil, dengan tampilan resolusi kompatibel di semua perangkat, tanpa mengalami penurunan performa atau masalah UI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Dewa Chandra Agung Wibawa (2118011) |
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Toleransi Beragama, MDLC, FSM, Android, Unity 2D |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Dewa Chandra Agung Wibawa |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:24 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:24 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14679 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |