HUBUNGAN RISIKO KECELAKAAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PERILAKU PENGGUNAAN JALUR, DAN KECEPATAN BERKENDARA DI JL. MT. HARYONO KEC.LOWOKWARU KOTA MALANG

Nugroho, Oktaviasa Wulandari Yustin (2024) HUBUNGAN RISIKO KECELAKAAN SEPEDA MOTOR BERDASARKAN PERILAKU PENGGUNAAN JALUR, DAN KECEPATAN BERKENDARA DI JL. MT. HARYONO KEC.LOWOKWARU KOTA MALANG. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu kota terbesar dan terpadat di Jawa Timur. Mayoritas warga Kota Malang melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor. Meningkatnya jumlah kendaraan di kota Malang berbanding lurus dengan meningkatnya angka kecelakaan, karena jumlah kendaraan yang terus bertambah dan menempuh jalur yang sama mengakibatkan terjadinya kemacetan dan kecelakaan yang semakin meningkat. Oleh karena itu, Perlu dilakukan penelitian berjudul “Hubungan Resiko Kecelakaan Sepeda Motor Berdasarkan Perilaku Penggunaan Jalur, dan Kecepatan Berkendara di Jl. MT. Haryono Kec. Lowokwaru Kota Malang” dilakukan untuk mengetahui seberapa besar hubungan resiko kecelakaan yang ditimbulkan oleh pengendara sepeda motor. Metode atau panduan yang digunakan untuk menganalisis data-data yang didapatkan melalui pengukuran dan pengamatan di lapangan dengan berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2023 yang diterbitkan oleh Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga dan metode Analisis Regresi Linier Berganda untuk analisis model hubungan penggunaan jalur dan kecepatan dengan resiko kecelakaan menggunakan progam bantu SPSS. Hasil survey diperoleh kinerja ruas jalan MT. Haryono pada jam puncak volume lalu lintas mencapai 3541,2 smp/jam dengan kapasitas jaalan sebesar 3428 smp/jam. Kecepatan arus bebas adalah 40,39 km/jam, sedangkan kecepatan rata rata adalah 21 km/jam, dengan DJ 1,03. Dari hasil pengamatan prasarana ruas jalan terdapat kekurangan rambu lalu lintas kecepatan dan peringatan. Hasil analisis regresi linier berganda didapat model persamaan Y = 8,240 +0,712 (X1 penggunaan jalur) +0,308 (X2 kecepatan berkendara) = 21. Y = 8,240 +0,712 x 13+0,308 x 12 = 21 (Sedang), disimpulkan bahwa perilaku penggunaan jalur dan kecepatan berkendara memiliki hubungan yang dimana semakin tinggi penyalahgunaan jalur dan kecepatan maka resiko kecelakaan juga akan meningkat, dengan risiko kecelakaan sepeda motor berpengaruh sebesar 62,4% , pengendara yang tidak mematuhi jalur yang ditetapkan dan berkendara dengan kecepatan melebihi batas aman memiliki risiko kecelakaan yang lebih tinggi. Studi ini merekomendasikan perlunya pemasangan rambu batas kecepatan yang tegas, peningkatan penegakan peraturan lalu lintas dan program edukasi keselamatan berkendara untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Oktaviasa Wulandari Yustin Nugroho (2021121)
Uncontrolled Keywords: Resiko Kecelakaan, Sepeda Motor, Perilaku Penggunaan Jalur, Kecepatan Berkendara.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Oktaviasa Wulandari Yustin Nugroho
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:42
Last Modified: 09 Sep 2024 05:42
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item View Item