IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME 3D NERO THE DEMON HUNTER

Junior, Billianthony Sanendri (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) PADA GAME 3D NERO THE DEMON HUNTER. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2018087_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (611kB)
[img] Text
2018087_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (270kB)
[img] Text
2018087_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
2018087_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
2018087_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
2018087_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
2018087_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (199kB)
[img] Text
2018087_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Game adalah salah satu jenis sarana interaktif yang kerap dimanfaatkan sebagai alat hiburan maupun pendidikan. Studi ini bertujuan untuk menciptakan sebuah permainan 3D action-adventure dengan judul "Nero The Demon Hunter" dengan memanfaatkan metode Metode Finite State Machine dalam pengaturan perilaku lawan di dalam permainan. Metode Finite State Machine (FSM) diimplementasikan guna mengatur perilaku musuh mulai dari status idle, detect player, chase, hingga attack, sesuai dengan jarak dan interaksi pemain. Game ini dibangun memanfaatkan Blender untuk pembuatan model 3D dan Unity sebagai game engine untuk pengolahan gameplay. Pengujian metode FSM diperoleh hasil 100 % sesuai dan uji coba yang dilakukan kepada 14 user didapatkan hasil 64,2% pemain mengindikasikan game berfungsi dengan baik. 17,3% pemain mengindikasikan game berjalan dengan cukup, dan 18,5% pemain mengindikasikan game ini masih kurang. Jadi secara keseluruhan, sebagian besar pemain mengindikasikan bahwa game "Nero The Demon Hunter" berfungsi dengan baik, meskipun ada sejumlah kecil pemain yang mengindikasikan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Billianthony Sanendri Junior (2018087)
Uncontrolled Keywords: Game 3D, Finite State Machine, Artificial Intelligence, Action Adventure
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Billianthony Sanendri Junior
Date Deposited: 21 Aug 2025 03:09
Last Modified: 21 Aug 2025 03:09
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item View Item