Perancangan Game 2D Mayor Hamid Rusdi Menggunakan Metode Finite State Machine Dan Pathfinding

Saputra, Wahyu Eka (2025) Perancangan Game 2D Mayor Hamid Rusdi Menggunakan Metode Finite State Machine Dan Pathfinding. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1918083_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
1918083_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
1918083_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1918083_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1918083_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1918083_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1918083_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
1918083_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri game di Indonesia menunjukkan tren yang positif, terutama pada genre action yang digemari karena mekanisme yang sederhana namun tetap menarik. Di sisi lain, minat generasi muda terhadap sejarah nasional, khususnya terhadap tokoh-tokoh lokal seperti Mayor Hamid Rusdi, cenderung mengalami penurunan. Pengembangan game berbasis sejarah menjadi salah satu pendekatan interaktif yang potensial untuk meningkatkan minat belajar sejarah sekaligus memberikan hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game “Mayor Hamid Rusdi” guna meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap sejarah perjuangan pahlawan Nasional. Game ini menerapkan dua metode utama, yaitu Finite State Machine (FSM) untuk menggambarkan tingkah laku suatu sistem, dan Pathfinding untuk proses penentuan jalur terpendek bagi karakter atau objek. Berdasarkan hasil pengujian, metode FSM berhasil mengatur karakter sesuai kondisi yang diberikan, sementara metode Pathfinding memungkinkan karakter musuh mengejar pemain secara efisien. Hasil kuesioner terhadap 21 responden menunjukkan bahwa 77% menyatakan game berjalan dengan baik, dan 66% menyatakan pemahaman mereka terhadap sejarah Mayor Hamid Rusdi meningkat setelah memainkan game ini. Dengan demikian, game “Mayor Hamid Rusdi” berpotensi menjadi media pembelajaran sejarah yang menarik dan interaktif bagi generasi muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Wahyu Eka Saputra (1918083)
Uncontrolled Keywords: Game Action 2d, Mayor Hamid Rusdi, Aplikasi Godot Engine, Android, FSM, Pathfinding
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Wahyu Eka Saputra
Date Deposited: 21 Aug 2025 02:58
Last Modified: 21 Aug 2025 02:58
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14788

Actions (login required)

View Item View Item