Cahyanto, Ade Dwi (2025) IMPLEMENTASI FINITE STATE MACHINE (FSM) DALAM PERANCANGAN GAME 2D “ PERJUANGAN PANGERAN ANTASARI ”. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Salah satu jenis media hiburan adalah permainan.yang disukai oleh berbagai kelompok semua orang suka bermain game, baik orang dewasa maupun anak-anak. Karena teknologi berkembang sangat cepat, game semakain praktis untuk dimainkan. Pahlawan merupakan sebutan atau gelar yang diberikan kepada orang yang sangat berjasa serta memberikan kontribusi untuk suatu lembaga atau suatau Negara serta berjuang peperangan untuk kemerdekaan. Dengan menghargai dan meladani kisah para pahlawan, setiap orang penting untuk menghormati kontribusi para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan. Berdasarkan permasalahan ini, muncul ide untuk membuat game 2D dengan judul "Perjuangan Pangeran Antasari". Dalam pembuatan Game ini penulis mengambil tokoh Pangeran Antasari karena beliau merupakan salah satu pahlawan rakyat Kalimantan Selatan dalam mengusir penjajah. Pangeran Antasari adalah seorang pemimpin lokal yang memimpin perlawanan rakyat Banjar terhadap Belanda antara tahun 1859 dan 1905. Penggunaan metode FSM dalam pembuatan game ini di terapkan pada Non Player Character (NPC), sehingga membuat NPC yang dapat berinteraksi dengan pemain secara dinamik. Hal ini memungkinkan NPC memiliki tingkah laku yang sesuai dengan keadaan yang terjadi, membuat permainan semakin menantang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ade DWi Cahyanto (2018007) |
Uncontrolled Keywords: | Game, FSM, Godot Engine, Pangeraan Antasari |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ade Dwi Cahyanto |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:48 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:48 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |