ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PROYEK KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA JALAN TOL SEMARANG – SOLO PASCA KONSTRUKSI

Wahyuni, Putu Eka (2017) ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PROYEK KERJASAMA PEMERINTAH DAN SWASTA JALAN TOL SEMARANG – SOLO PASCA KONSTRUKSI. Masters thesis, ITN Malang.

[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Putu Ika Wahyuni, Program Studi Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang, Maret 2016, Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pada Proyek Kerjasama Pemerintah Dan Swasta Jalan Tol Semarang – Solo Pasca Konstruksi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ir. Wateno Oetomo, MM. MT. DRST, (II) Dr. Ir. Subandiyah Aziz, CES. Penyelenggara pembangunan jalan tol di Indonesia dilaksanakan oleh pemerintah melalui pembentukan PT Jasa Marga. Namun peningkatan pertumbuhan jalan tol yang hanya 26,8 km/tahun sangat rendah bila dibandingkan dengan Negara lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan identifikasi dan penilaian (assessment) terhadap berbagai jenis risiko paska pembangunan jalan tol Semarang-Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Peneliti mendeskrisikan risiko paska kontruksi jalan tol Semarang-Solo. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan 30 orang responden. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian risiko yang didentifikasi berdasarkan pada matrik resiko untuk konsensi Jalan tol sumber risiko terbesar adalah swasta yaitu sebesar 48,6%, disusul kemudian publik dan swasta sebesar 32,5%, dan publik menjadi sumber risiko sebesar 18,9%. Risiko yang paling dominan adalah Pemerintah provinsi Jateng membangun dan memelihara jaringan jalan nasional jalan tol Semarang-Solo pada ruas seksi I Semarang-Bawen paket I 3,5 Km, yang pada kuesioner merupakan pernyataan nomor 15. Resiko dominan berikutnya adalah pernyataan nomor 17 dan 16, Pemerintah provinsi Jateng membangun dan memelihara jaringan jalan nasional jalan tol Semarang-Solo pada ruas paket II 4,9 Km dan Pemerintah provinsi Jateng membangun dan memelihara jaringan jalan nasional jalan tol Semarang-Solo pada ruas paket III 5,6 Km. Kata Kunci : KPS, Penerapan Risiko, Manajemen Risiko, Jalan Tol

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : KPS, Penerapan Risiko, Manajemen Risiko, Jalan Tol
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Engineering > Environmental Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: haning haning
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:33
Last Modified: 05 Mar 2019 08:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item