Silalahi, Hestiara (2024) Studi Perencanaan Koridor 1,2, dan 3 Pada Penerapan Bus Rapid Transit (BRT) Di Kota Malang Untuk Mengatasi Kemacetan. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Kota Malang merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Timur. Kota Malang juga dijulukin sebagai kota pelajar dan kota yang memiliki sejuta tempat wisatawan. Jumlah penduduk pada Kota Malang dari tahun ke tahun terus meningkat, sehingga membawa dampak pada masalah pada transportasi yang menyebabkan meningkatnya tingkat kemacetan pada Kota Malang dikarenakan infrastruktur yang kurang memadai. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengembangan sistem transportasi massal seperti Bus Rapid Transit (BRT). Pada studi ini dilakukan perencanaan koridor 1,2, dan 3 pada Bus Rapid Transit (BRT) serta melakukan analisis prediksi kinerja ruas jalan sebagai akibat perencanaan koridor BRT di Kota Malang. metropolitan di Indonesia sekaligus Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan. Hasil analisis menunjukan bahwa koridor 1 sepanjang 9,284 km pada rute Jl. Ahmad Yani, koridor 2 sepanjang 6,055 km pada rute Jl. Letjen Sutoyo – Jl. W.R. Supratman – Jl. Kaliurang, dan koridor 3 sepanjang 10,867 km pada rute Jl. S. Supriadi – Jl. Janti Barat – Sukun. Kinerja ruas jalan beberapa menunjukan belum memenuhi syarat derajat kejenuhan <0,85 dan standar minimal LOS – C. Pada Jl. Ahmad Yani arah selatan Lurus sebelum adanya BRT didapatkan tundaan 23,665 detik (C), setelah adanya BRT pada koridor 1 terjadi penurunan tundaan 4,662 detik (A). Pada Jl. W.R.Supratman arah Timur belok kiri sebelum adanya BRT didapat tundaan 80,805 detik (F), setelah adanya BRT pada koridor 2 terjadi penurunan tundaan 90,566 detik (F). Pada Jl. Supriadi arah Selatan Lurus sebelum adanya BRT didapat tundaan 159,560 detik (F), setelah adanya BRT pada koridor 3 terjadi penurunan tundaan rata-rata 22,288 detik (C) Setelah dilihat dari hasil analisis tingkat pelayanan pada penerapan BRT, koridor yang mencapai sasaran hanya koridor 1. Implementasi BRT perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja transportasi di Kota Malang. Kata kunci: Bus Rapid Transit (BRT), Kemacetan, Kota Malang, Kinerja Ruas Jalan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Hestiara Silalahi (2021080) |
Uncontrolled Keywords: | Bus Rapid Transit (BRT), Kemacetan, Kota Malang, Kinerja Ruas Jalan |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Hestiara Silalahi |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:50 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:50 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15034 |
Actions (login required)
View Item |