Sengkoen, Ganda (2020) STUDI OPTIMASI PANJANG WAKTU SIKLUS SINYAL TRAFFIC LIGHT PADA SIMPANG BERSINYAL YANG BERDEKATAN DENGAN METODE PKJI 2014 PADA SIMPANG BCA DAN PLN KOTA MALANG. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Perempatan Jalan Basuki Rachmat, Jalan Semeru, Jalan Kahuripan merupakan simpang yang berada dekat dengan kawasan sekolah,rumah sakit ditengah-tengah Kota Malang. Di perempatan ini sering terjadi konflik lalu lintas yang terjadi sepanjang hari. Salah satu penyebabnya karena padatnya volume arus lalu lintas yang melintasi persimpangan ini dan besarnya tundaan, yang mana pada Jalan Semeru Barat dengan keadaan geometrik nya yang tidak terlalu lebar namun memiliki volume yang sangat tinggi membuat penumpukan arus lalu lintas ditengah simpang serta membuat antrian yang sangat panjang sehingga menyebabkan besarnya tundaan sehinga terjadi kemacetan pada jam sibuk. Dampak dari kemacetan itu adalah: terjadi nya tundaan dan antrian panjang. Tujuan dari studi adalah untuk mencari alternative pemecahan masalah yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Untuk menunjang studi ini diperlukan sampel volume, antrian dan tundaan dengan survei lapangan pada kondisi eksisting yg dilaksanakan selama 3 hari dimulai pada hari Selasa, 22 November 2017, Kamis, 24 November 2017 dan Sabtu 26 November 2017. Survei dilakukan untuk mengetahui tingkat kepadatan lalu lintas yang terklasifikasi dan jenis kendaraan dalam satuan waktu tertentu pada simpang tersebut. Analisa kinerja simpang bersinyal ini menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 untuk perhitungan derajat kejenuhan, tundaan, wakktu siklus dan antrian.Kondisi arus lalu lintas pada Persimpangan BCA (jalan Basuki Rachmat, jalan Semeru, jalan Kahuripan) dan simpang PLN (jalan Brigjen Slamet Riadi,jalan Basuki Rachmat, dan jalan Jaksa Agung) di Kota Malang cenderung memiliki beberapa ruas cukup tinggi dan telah melebihi volume arus yang dapat ditangani sesuai kondisi eksisting. Volume kendaraan tertinggi yang terjadi pada simpang BCA adalah pada hari Selasa, 22 November 2017 pada pukul 12.15-13.15 yaitu sebesar 1321 smp/jam, dengan kapasitas 1039.7264 kend/jam, derajat kejenuhan 1.60 (tidak memenuhi syarat PKJI 2014).Dan tingkat pelayanan yang diperoleh adalah E. Dari hasil perhitungan diperoleh waktu siklus pada pagi, siang dan sore hari 78 detik. Tundaan maksimum yang diperoleh dari perhitungan pada alternatif ini sebesar 313.75 det/kend, dengan panjang antrian 1394.43 m dan dalam kategori tingkat pelayanan E. Jumlah volume lalu lintas telah melebihi kapasitas kondisi eksisting, sehingga alternative lain yang diharapkan bisa mengatasi permasalahan lalu lintas di lokasi tersebut adalah megatur panjang waktu siklus yaitu dari 78 detik menjadi 120 detik pada simpang PLN dan 70 detik pada simpang BCA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Ganda Hendrawan S. Sengkoen (1321013) |
Uncontrolled Keywords: | kemacetan, kinerja simpang, volume lalulintas, tundaan, antrian, waktu siklus |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Ganda Hendrawan S. Sengkoen |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:22 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:22 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15073 |
Actions (login required)
View Item |