Pengaruh Variasi Laju Alir Gas Dalam Proses Carburizing Baja Aisi 1042 Pada Temperatur 950ºC Menggunakan Pasir Alumina

Diansah, Nur (2024) Pengaruh Variasi Laju Alir Gas Dalam Proses Carburizing Baja Aisi 1042 Pada Temperatur 950ºC Menggunakan Pasir Alumina. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2011022_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2011022_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (112kB)
[img] Text
2011022_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
2011022_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
2011022_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2011022_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
2011022_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text
2011022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2011022_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (332kB)

Abstract

Pada suhu 950°C, karbon dari sumber karburasi seperti pasir alumina atau gas karburasi dapat cepat berdifusi ke permukaan baja. Hal ini menghasilkan lapisan karburasi yang keras dan tahan aus, meningkatkan kekerasan dan kekuatan material. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pengujian struktur mikro, pengujian kekerasan, dan pengujian ketebalan lapisan karbon. Pada data hasil pengujian struktur mikro ditemukan perubahan bentuk dan persentase kandungan fasanya, dengan hasil pada laju alir gas 5 cm³/menit, komposisinya menjadi 42,84% ferit, 40% perlit dan 17,16% martensit. Pada laju alir gas 15 cm³/menit, menjadi 42,24% ferit, 40,43% perlit dan 17,33% martensit. Pada laju alir gas 25 cm³/menit, menjadi 37,33% ferit, 43,88% perlit dan 18,79% martensit. Kemudian, pengujian kekerasan sebelum carburizing sebesar 195,4 HV setelah dilakukan proses carburizing pada laju alir gas 5 cm3/menit nilai kekerasan meningkat 96,63% menjadi 384,21 HV. Pada laju alir gas 15 cm3/menit terjadi peningkatan nilai kekerasan 112,02% menjadi 414,29 HV. Dan pada laju alir gas 25 cm3/menit terjadi peningkatan nilai kekerasan 156,13% menjadi 500,47 HV. Sedangkan pada pengujian ketebalan lapisan karbon, dengan hasil pada laju alir gas 5cm³/menit rata-rata ketebalan sebesar 20.64 um. Pada laju alir 15 cm³/menit ketebalan lapisan meningkat menjadi 25.21 um. Pada laju alir 25 cm³/menit rata-rata ketebalan lapisan mencapai 27.16 um.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Diansah (2011022)
Uncontrolled Keywords: Carburizing, Baja AISI 1042, Pasir Alumina, Laju Alir Gas
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Nur Diansah
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:29
Last Modified: 12 Sep 2024 01:29
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15076

Actions (login required)

View Item View Item